Monday, September 9, 2013

7 Mitos yang Terkenal di Probolinggo


Apa sih mitos itu?

Menurut wikipedia, “Mitos (bahasa Yunani: μῦθος– mythos) adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional. Pada umumnya mitos menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural, dan sebagainya. Mitos dapat timbul sebagai catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual. Mereka disebarkan untuk menyampaikan pengalaman religius atau ideal, untuk membentuk model sifat-sifat tertentu, dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas.

Apa sajakah mitos-mitos itu? Berikut ini mitos-mitos yang hingga hari ini masih sangat dipercaya dan pantang untuk dilanggar. “Barang Siapa yang melanggar, maka tunggu saja pembalasannya atau hukum karmanya,” kira-kira demikian “ancaman” dari penyampai mitos. Waduh…Nabi saja tidak pernah mengancam begitu ya.

Mitos merupakan suatu hal yang tak terpisahkan dari masyarakat indonesia. Di Indonesia, terdapat 1001 mitos yang berasal dari berbagai daerah. Bahkan tak jarang mitos tersebut menjadi terkenal. Biasanya mitos berkaitan dengan hal - hal yang mistis. Dan berikut adalah mitos terkenal yang ada di desa Sukorejo, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

  1.  Membeli Jarum di waktu Malam




Ya, Mitos ini sudah cukup lama beredar. Membeli Jarum di waktu Malam khususnya diatas jam 6 malam. Namun entah dari mana dan siapa yang membuat mitos ini. Konon, kata orang - orang kalo di atas jam 6 beli barang kaya silet, jarum, garam. Entar kita dikira mau santet orang, apa lagi belinya maksa..

2. Memiliki Kucing Jantan 3 Warna



Jika anda memiliki kucing 3 warna dan berjenis kelamin laki-laki, bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi pemiliknya, khususnya dalam hal rezeki. Ingat lho ya, warnanya hanya ada pada 1 ekor kucing saja..


3. Duduk Diatas Bantal



Dilarang duduk di atas bantal, nanti bisa sakit bisul pantat.


Hmm.. Setelah berpikir panjang sampe nggak tidur tiga hari, ane nggak menemukan hubungan antara bisul sama bantal. Jadi, mulai sekarang kamu nggak perlu takut bisulan kalo mau duduk di atas bantal. Asal nggak duduk di atas bara api, insya Allah pantat kamu sehat-sehat aja..


4. Bersiul di Malam Hari



Ngeri juga, ya. Tapi coba deh kamu pikir-pikir lagi. Apa hubungannya siul-siul sama makhluk halus? Ya kecuali kamu siul-siulnya sambil bakar menyan trus komat-kamit di bawah pohon beringin. Nah, itu yang nggak boleh. Atau siul-siul dengan nada "Iwak Peyek" pake toa persis di kuping temen kamu yang lagi sakit gigi. Nah, itu yang bahaya! Bisa-bisa kamu bonyok ditonjok temen kamu..


5. Jangan Duduk di Depan Pintu Nanti Jauh Jodoh



Ini mitos yang paling populer kayaknya. Kalo dipikir-pikir, apa hubungannya coba pintu ama jodoh? Suka-suka kita dong mau duduk di mana. Yang pasti kalo kita duduk di depan pintu itu bakal nyusahin karena orang jadi ribet kalo mau keluar. Akan lebih masuk akal kalo mitosnya gini, "Jangan duduk di muka gebetan, ntar jauh jodoh". Siapa yang mau coba sama orang songong? Baru jadi gebetan aja udah songong, apalagi jadi pacar, istri, atau suami?


6. Nyapu yang Bersih, Kalo Nggak Nanti Suaminya Brewokan



Apa hubungannya coba nyapu sama brewok? Lagian, kan, ada piso cukur. Kalo nggak suka brewokan ya tinggal dicukur. Nah, itu kan buat cewek, kalo buat cowok NYUNYU curiga mitosnya gini, "Kalo nyapu yang bersih, kalo nggak istri kamu ntar kumisan kayak suaminya Inul". Hiii.. Mendingan nggak usah nyapu deh seumur hidup..


7. Memukul Benda akan Banyak Hutangnya



Kalo kita sedang mendengarkan musik, pasti akan kebawa irama dari musik itu apalagi dangdut (taktak gentak, jozzz). Salah satunya yaitu seolah - olah menjadi drummer (wuih keren yaa, pengen doonnkk). Akibatnya kita akan pukul benda apa saja yang bisa mengeluarkan bunyi seperti perkusi. Contoh meja (kasus paling sering), tembok, kursi, dll. Namun ada mitos yang mengatakan bahwa "Memukul Benda akan Banyak Hutangnya".. What??? Pliss deh, aku kan pengen jadi drummer.. Ya kalo pengen jadi drummer, ya beli drumnya donk jangan meja yang dipukul kan kasian orang mau makan pakek meja itu..



Ke-7 mitos di atas hanyalah sebagian kecil yang bisa saya rekam. Mungkin para pembaca juga mendengar mitos yang banyak di daerahnya masing-masing. Mitos-mitos itu masih sangat kuat dipercaya oleh masyarakat, sekalipun kita hidup sudah di zaman modern yang serba online, serba facebook, serba twitter, serba canggih, serba digital, dan serba logis.


Memang hampir setiap daerah dan setiap negara memiliki mitos-mitos sendiri. Mitos itu mayoritas muncul pada zaman Yunani Kuno dan dipercaya hingga sekarang. Biasanya mitos ini berkembang turun-temurun saling sambung-menyambung antar generasi. Mitos lebih banyak melalui bahasa lisan namun begitu kuat dipercaya. Karena biasanya si penyampai mitos menyebut seorang tokoh yang begitu terkenal dan sakral. Jadi, tanpa berfikir panjang, hampir seluruh mitos dipercaya begitu saja dan tidak ada yang berani melanggar.

Apakah anda percaya atau tidak dengan mitos itu? Coba anda buktikan!

Coba anda lakukan salah satu dari mitos di atas, misalnya: pada malam hari, anda pergi ke toko untuk beli jarum jahit atau besi paku. Saya yakin, pemilik toko tidak mau melayani anda. Percaya atau tidak, banyak teman yang menceritakan perihal pengalaman ditolak saat membeli barang-barang itu.


Courtesy : Hasil kreasi sendiri (maklum mitos-mitos diatas saya dapatkan langsung dulu ketika masih kecil, untungnya masih inget), dan beberapa tambahan yang didapat dari berbagai sumber.


Share this

0 Comment to "7 Mitos yang Terkenal di Probolinggo"

Post a Comment