Tuesday, October 29, 2013

Kuliah Tamu FPIK : Diatom Haslea Ostrearia dan Pigmen Marennine


Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya (UB) Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) menyelenggarakan kuliah tamu, Selasa (8/10). Kuliah tamu dengan tema "Biodiversity and genomic insights into the Haslea ostrearia-like diatoms and valorisation of their blue pigments" ini digelar di ruang sidang lantai delapan Gedung Rektorat. Dosen dan peneliti di Université du Maine, Le Mans, Perancis Jean-Luc Mouget DEA, PhD, HDR menjadi pemateri dalam kuliah tamu ini.

Dikatakan Jean, Diatom Haslea ostrearia yang ditemukan di teluk Bourgneuf dan Marenne Oléron, Perancis merupakan pakan bagi kerang. Diatom ini memiliki pigmen khusus yang disebut pigmen biru atau marennine. Pigmen ini diproduksi selama pertumbuhan alga, dan terakumulasi di bagian apical sel, sebelum  dilepaskan ke air laut. Sehingga pigmen pada diatom ini mampu membuat kerang menjadi berwarna hijau pada bagian insang, labial palp, dan sistem pencernaan.

Sebagaimana diketahui, masyarakat Perancis sangat menggemari kerang sebagai makanan favoritnya. Dan ternyata, kerang yang berubah menjadi warna hijau ini memiliki harga jual yang lebih tinggi dipasaran jika dibandingkan kerang yang berwarna normal seperti pada umumnya. "Hingga saat ini, setelah dilakukan penelitian dengan diatom lain yang menyerupai H. ostrearia,  H. ostrearia dianggap satu-satunya organisme yang memproduksi marennine," ujar Jean.

Jean-Luc Mouget adalah seorang dosen sekaligus peneliti pada jurursan mer, molécules, santé (Sea, Molecules, and Health) pada Université du Maine, Le Mans Perancis.  Ia mendalami bidang bioteknologi mikroalga spesifikasinya mengenai diatom, khususnya spesies Haslea ostrearia. Ia menekuni penelitian terhadap spesies ini selama 15 tahun dan banyak mengeluarkan publikasi mengenai diatom Haslea ostrearia dan pigmen marennine.

Courtesy : Prasetya UB

Share this

0 Comment to "Kuliah Tamu FPIK : Diatom Haslea Ostrearia dan Pigmen Marennine"

Post a Comment