Monday, November 25, 2013

Fresh Graduate : Lagi Cari Kerja? Ini Tipsnya

sarjana bingung


Namanya juga berburu, pasti butuh persiapan. Begitu juga untuk urusan berburu pekerjaan. Pencari kerja harus siap sebelum memulai usaha mereka dalam mendapatkan dan melamar lowongan pekerjaan.

Sebab, proses mencari dan melamar kerja bukanlah kegiatan yang mudah. Terkadang, ada saja kendala yang menghambat kita meraih pekerjaan impian.

Nah, supaya enggak terhambat dalam mencari dan melamar kerja, simak tips berikut seperti dilansir College Cures, Kamis (21/11/2013).

Siapkan berkas lamaran

Enggak semua lowongan pekerjaan sama. Beberapa lowongan membutuhkan surat lamaran atau referensi, sementara lowongan lainnya tidak. Bagaimanapun juga, sangatlah penting menyiapkan semua berkas yang dibutuhkan sebelum melamar kerja.

Jadi, begitu menemukan lowongan yang tepat, Anda tidak perlu menunggu lama untuk melamar. Perlu diingat, semakin lama Anda menunda untuk melamar, semakin besar kemungkinan Anda kehilangan peluang tersebut.

Biasanya, untuk melamar sebuah lowongan pekerjaan Anda akan diminta menyiapkan surat lamaran, curriculum vitae (CV) dan tiga referensi. Beberapa lowongan ada yang mensyaratkan transkrip nilai dan surat rekomendasi.

Jangan lupa, hubungi terlebih dahulu orang yang Anda minta sebagai referensi sebelum menuliskan nama mereka di kolom referensi. Ini adalah etika umum, sehingga pemberi referensi dapat bersiap jika harus dihubungi via telepon ataupun email tentang permohonan referensi Anda. Biasanya, pemberi referensi adalah seseorang yang dapat memberikan informasi tentang kualifikasi Anda seperti dosen atau atasan.

Tuliskan pengalaman kerja sebelumnya

Jika Anda mengisi lamaran kerja secara online, maka Anda harus menuliskan pengalaman kerja Anda sebelumnya; termasuk alamat, nomor telepon, nomor kontak dan alamat email dari atasan Anda sebelumnya. Jika Anda tidak mengingat semua informasi ini, akan sangat membantu apabila Anda membuat dokumen khusus berisi informasi tersebut yang mudah diakses saat Anda melamar kerja secara online.

Cek lagi

Setiap kali Anda mengirimkan berkas lamaran kerja, luangkan waktu untuk mengecek kembali kelengkapan  berkas Anda. Cek juga penulisan dalam surat lamaran kerja Anda, jangan sampai ada kesalahan ketik atau tata bahasa.

Cek ricek ini sangat penting ketika Anda melamar lebih dari satu lowongan kerja karena kemungkinan salah tulis posisi yang dilamar sangat terbuka lebar; misalnya salah menulis nama perusahaan atau nama pejabat perusahaan yang dituju.

Catat lowongan kerja yang dilamar

Tulis berkas lowongan kerja yang Anda masukkan pada sebuah catatan khusus. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan jejak telah melamar untuk lowongan apa saja dan perusahaan mana saja. Cantumkan data perusahaan, nama kontak dan nomor telepon atau email dalam daftar tersebut.

Courtesy : Okezone Campuss

Share this

0 Comment to "Fresh Graduate : Lagi Cari Kerja? Ini Tipsnya"

Post a Comment