Monday, November 18, 2013

Kecepatan Internet Dunia Melambat

internet


Tren penggunaan internet secara global untuk penggunaan sehari-hari semakin meningkat. Untuk itu, dibutuhkan bandwidth dan kecepatan akses internet yang cepat.


Namun di saat kebutuhannya meningkat, kecepatan koneksi internet dunia justru menurun. Hal ini terungkap dari data yang dikeluarkan oleh Akamai.

Perusahaan yang bergerak di bidang jaringan pengiriman data internet ini menyatakan bahwa kecepatan koneksi internet global secara rata-rata turun menjadi 2,3 Mbps pada kuartal akhir 2011, atau turun 14 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Dalam laporan terbaru Akamai bertajuk "State of the Internet" yang dirilis pada bulan April, Akamai tidak menguraikan hal apa yang menyebabkan koneksi internet di berbagai negara turun.

Padahal, dari riset Akamai sebelumnya, kecepatan rata-rata internet dari tahun ke tahun naik 19 persen. Belum ada indikasi apakah kecepatan internet di kuartal berikutnya akan terus menurun atau tidak.

penggunaan-internet-di-layar-komputer


Korea Selatan menjadi negara dengan koneksi internet rata-rata tercepat pada kuartal akhir 2011, yakni 17,5 Mbps. Negara selanjutnya adalah Jepang dan Hongkong dengan koneksi rata-rata 9,1 Mbps, Belanda 8,2 Mbps, dan Latvia 7,8 Mbps.

Posisi ke-6 sampai ke-10 diduduki oleh Swiss (7,3 Mbps), Irlandia (6,8 Mbps), Ceko (6,7 Mbps), Romania (6,4 Mbps), dan Belgia (6,1 Mbps).

Sementara itu, kecepatan koneksi di Amerika Serikat pada kuartal akhir 2011 lalu turun 5,3 persen dengan kecepatan rata-rata 5,8 Mbps.

Kecepatan internet di Indonesia perlahan tetapi pasti mulai meningkat. Laporan dari perusahaan internet content delivery, Akamai, yang mengungkap kabar baik tersebut.


Setelah sempat menduduki posisi terbawah sebagai negara dengan kecepatan internet rata-rata terendah di wilayah Asia Pasifik, pada kuartal I tahun 2013, Indonesia berhasil melonjak naik mengungguli tiga negara Asia lain.

httpid


Pada laporannya seperti dikutip dari The Next Web, Akamai mengungkapkan bahwa kecepatan rata-rata internet di Indonesia sudah meningkat hingga 1,5 Megabit per detik (Mbps), naik 6,9 persen dari kuartal lalu dan 113 persen dari tahun lalu.


Di kuartal ini, kecepatan rata-rata internet Indonesia ada di peringkat ke-104 dunia, mengungguli Vietnam di posisi 108 dengan kecepatan 1,5 Mbps, Filipina di 109 dengan 1,4 Mbps, dan India di peringkat ke-114 dengan 1,3 Mbps.

Indonesia tetap masih jauh di bawah beberapa negara tetangga, seperti Malaysia yang menempati peringkat 70 dan Singapura peringkat 21. (lihat tabel 1)

Korea Selatan masih menjadi negara dengan internet tercepat dalam periode April sampai Juni 2013. Perusahaan telekomunikasi di Negeri Ginseng itu mampu memberi kecepatan 14,2 Mbps, dan warganya pun rela mengeluarkan banyak uang demi internet cepat. Jika koneksi dalam performa terbaik, kecepatannya bisa mencapai 44,8 Mbps.

kecepatan-rata-rata
Tabel 1. Kecepatan rata-rata internet wilayah Asia Pasifik menurut Akamai


Akamai juga mengungkapkan, kecepatan internet tertinggi (peak connection speed) atau pada saat koneksi dalam performa terbaik yang pernah diraih di Indonesia pada kuartal I tahun 2013 adalah sebesar 12,8 Mbps atau setara dengan 100 Kilobit per detik (Kbps).


Akamai mencatat, kecepatan ini meningkat 152 persen secara tahunan atau dari kuartal yang sama tahun lalu.

Dengan kecepatan puncak tersebut Indonesia ditempatkan di posisi 99 dunia, mengalahkan beberapa negara Asia, seperti Vietnam, India, dan China.

Vietnam ada di posisi 105 dunia dengan kecepatan puncak 11,6 Mbps, India ada di peringkat 109 dunia dengan Mbps, dan China ada di posisi terbawah wilayah Asia dengan posisi 121 pada kecepatan 8,3 Mbps.

Meski demikian, Indonesia tetap berada di bawah Singapura di posisi 6 dan Malaysia di posisi 46. (lihat tabel 2)

kecepatan-tertinggi
Tabel 2. Peringkat kecepatan internet tertinggi di wilayah Asia Pasifik


Kecepatan peak internet tertinggi di Asia, sekaligus di dunia, dipegang oleh Hongkong dengan 63,6 Mbps. Jepang ada di posisi kedua dengan kecepatan 50 Mbps.


Courtesy : Techno Kompas

Share this

0 Comment to "Kecepatan Internet Dunia Melambat"

Post a Comment