Sunday, December 29, 2013

Adu Mahal Aplikasi Android dan iPhone

apple-app-store-versus-google-play

Sebuah penelitian membandingkan harga aplikasi berbayar terpopuler di Android Market dan Apple App Store. Siapa yang memiliki harga lebih tinggi?

Hasilnya, harga aplikasi di Android Market dinilai lebih tinggi dibanding harga aplikasi yang dibuat yang ada di Apple App Store. Penelitian dilakukan Canalys Global yang menghitung biaya kumulatif untuk 100 aplikasi berbayar terpopuler di Android Market dan Apple App Store. Seratus aplikasi teratas di Android Market mencapai total sekitar 374,37 dollar AS. Sehingga rata-rata sekitar 3,74 dollar AS per aplikasi. Sementara di Apple App Store totalnya hanya sekitar 147 dollar AS, atau hanya sekitar 1,47 dollar AS per aplikasi.

"Harga aplikasi di Android rata-rata sekitar 2,5 kali lebih besar dibanding aplikasi di App Store," kata Analis Senior Canalys Tim Shepherd.

Apa sebabnya? Salah satunya, menurut Shepherd, karena persaingan aplikasi berbayar yang lebih tajam di App Store. Sebagai contoh, Electronic Arts (EA) sering menawarkan diskon di App Store. Hal ini dilakukan agar produk mereka tetap muncul di daftar aplikasi terpopuler. Akibatnya, aplikasi EA yang dijual sehaga 0,99 dollar AS di App Store, di Android Market harganya masih 4,99 dollar AS.

Tentunya perbandingan ini tak bisa ditelan mentah-mentah. Ekosistem aplikasi di Apple dan Android masih berbeda. Salah satunya, Shepherd mengungkapkan, pembelian di dalam aplikasi (in app purchase) lebih ramai di App Store daripada Android.

Selain itu, daftar 100 aplikasi berbayar terpopuler di Android tidaklah sama dengan 100 aplikasi berbayar terpopuler di App Store. Riset ini dilakukan di Amerika Serikat, namun Canalyst menemukan data yang sama di Jerman, India, Singapura dan Inggris.

Courtesy : KOMPAS

Share this

0 Comment to "Adu Mahal Aplikasi Android dan iPhone"

Post a Comment