Saturday, December 28, 2013

Android Loyo di Kandang BlackBerry

blackberry-z10

Android memang mampu menjadi raja sistem operasi mobile secara global. Namun, produk buatan Google ini ternyata masih kalah dari sistem operasi BlackBerry di beberapa negara. Di rumah BlackBerry, Kanada, Android hanya menduduki posisi ketiga sistem operasi mobile terpopuler, sedangkan BlackBerry ada di satu posisi di atasnya.

Menurut data terbaru yang dilansir oleh StatCounter, Android hanya mampu menguasai 22 persen pangsa pasar. BlackBerry mampu unggul tipis dari Android dengan menguasai 27 persen pasaran sistem operasi mobile.

Seperti dikutip dari Phone Arena, Selasa (18/6/2013), produk penguasa di Kanada adalah iOS. Sistem operasi buatan Apple ini menguasai 48 persen pasaran, sebuah angka yang masih cukup jauh untuk dikejar kembali oleh BlackBerry.

Kemungkinan besar, meningkatnya kembali popularitas sistem operasi BlackBerry di Kanada lebih banyak disebabkan oleh peluncuran smartphone Z10 dan Q10 di paruh awal tahun 2013 ini.

Tidak hanya di Kanada, BlackBerry juga mampu mengalahkan Android di Afrika Selatan. Bahkan, BlackBerry mampu menjadi penguasa dengan memegang 40 persen pangsa pasar. Di posisi kedua, ada Series 40, sistem operasi yang mempersenjatai feature phone seri Asha besutan Nokia, dengan 18 persen. Sedangkan Android hanya mampu menguasai 14 persen dengan menduduki posisi ketiga.

blackberry-stats-620x400

Courtesy : KOMPAS

Share this

0 Comment to "Android Loyo di Kandang BlackBerry"

Post a Comment