Friday, December 27, 2013

April Mop, Google dan Microsoft Saling Ejek

1857206

KOMPAS.com  Tanggal 1 April ini dihiasi berbagai macam berita seru tetapi palsu. Nah, bagi dua raksasa Google dan Microsoft, momen tersebut juga dimanfaatkan untuk saling ejek, mudah-mudahan tanpa rasa sakit hati.

Melalui video "Gmail Blue", Google menyindir Windows Blue dari Microsoft yang belum dirilis secara resmi. "Ini adalah Gmail, hanya saja tampilannya lebih biru," ujar Project Manager Google Richard Pargo dalam video itu. Dia menjelaskan bahwa "Gmail Blue" adalah usaha Google "menciptakan ulang Gmail, sementara mempertahankan bentuknya agar tetap sama". Alhasil, jadilah Gmail Blue yang sejatinya sama saja dengan Gmail sebelumnya, tetapi memiliki tampilan serba biru, mulai dari warna tombol hingga font tulisan.

Pesan dalam video tersebut dimaksudkan sebagai ejekan atas Microsoft yang sedang menyiapkan sistem operasi Windows 8 (Windows Blue) yang dikatakan mengusung fitur-fitur baru dan beberapa perubahan interface.

Tentu, video in hanya dimaksudkan sebagai lelucon saja. Gmail yang sebenarnya tak mengalami perubahan warna apa pun.

Bagaimana Microsoft menanggapi ejekan itu? Seperti dilansir oleh The Verge, raksasa software ini sempat menampilkan laman Bing search polos serupa Google Search, lengkap dengan huruf "Bing" berwarna-warni dan tombol "I'm feeling confused (Saya merasa bingung)" di bagian bawah kolom pencarian.

Selain video "Gmail Blue", Google juga menyiarkan sejumlah berita bohongan untuk menyambut April Mop tahun ini, termasuk mengumumkan bakal menutup YouTube, memperkenalkan layanan pencarian berbasis bau, dan memberi peta harta karun.

[youtube]http://www.youtube.com/watch?v=Zr4JwPb99qU[/youtube]

Share this

0 Comment to "April Mop, Google dan Microsoft Saling Ejek"

Post a Comment