Sunday, December 29, 2013

Dibongkar, "Keluwesan" BlackBerry Z10 Terungkap

blackberry-z10

Smartphone komersial pertama dengan platform BlackBerry 10, Z10, ternyata relatif mudah untuk diperbaiki.

iFixit, spesialisasi pemandu reparasi perangkat mobile, yang telah membongkar pasang BlackBerry Z10, memberikan angka 8 dari 10 untuk masalah repairability (perbaikan). Semakin tinggi nilainya, semakin mudah sebuah produk untuk diperbaiki.

Menurut iFixit, salah satu kelebihan dari produk Z10 adalah kemudahan dalam penggantian komponen baterai. Perangkat ini memang sangat memungkinkan pengguna untuk memasang dan melepas baterai, tanpa perlu bantuan alat apa pun.



Baterai mudah untuk dilepas

Sekadar catatan, beberapa smartphone baru yang beredar di pasaran belakangan ini dilengkapi dengan desain unibody. Hal tersebut membuat para pengguna sedikit kesulitan dalam membuka casing untuk mengganti baterai.

Selain itu, bagian layar dan motherboard tidak direkatkan ke bagian casing dengan lem yang terlalu kuat, membuat siapa saja dapat memindahkan bagian tersebut dengan mudah.

Untuk membongkar BlackBerry Z10 ini pun tidak diperlukan alat khusus. BlackBerry melindungi produk ini dengan sekrup standar saja.

Meski begitu, ada satu hal yang membuat BlackBerry Z10 sedikit sulit untuk diperbaiki. Komponen-komponen kecil, seperti headphone jack dan kamera, memang modular dan dapat diganti secara individu. Namun, komponen tersebut sulit untuk dilepas karena direkatkan dengan lem yang sangat kuat.

Courtesy : KOMPAS

Share this

0 Comment to "Dibongkar, "Keluwesan" BlackBerry Z10 Terungkap"

Post a Comment