Friday, December 27, 2013

Facebook Kini Punya Toko Aplikasi Sendiri

facebook-kantor780x390

KOMPAS.com - Kini aplikasi-aplikasi Facebook bisa dicari dengan mudah lewat satu sumber.

Hari Jumat (8/6/2012) ini, situs jejaring sosial tersebut baru saja meluncurkan App Center, sebuah toko aplikasi yang memungkinkan pengguna mencari aplikasi yang berhubungan dengan Facebook di seluruh penjuru internet, termasuk aplikasi-aplikasi desktop, iOS, dan Android. App Center akan tersedia di halaman desktop dan mobile situs Facebook serta aplikasi Facebook di platform mobile iOS dan Android.

Facebook menegaskan bahwa App Center bukanlah saingan Apple App Center dan Google Play meski memiliki fungsi yang mirip. Ini karena App Center turut tersambung ke dua toko aplikasi milik platform iOS dan Android tersebut. Tujuannya, antara lain, agar para developer aplikasi pihak ketiga mendapatkan pasar yang lebih luas  di samping 900 juta pengguna Facebook.

Bulan Mei lalu Facebook menyumbang 83 juta kunjungan dari situsnya ke toko aplikasi App Store milik Apple. Di Facebook sendiri, menurut statistik situs jejaring sosial itu, sebanyak 230 juta pengguna bermain game setiap bulannya.

Untuk saat ini, App Center baru memiliki 600 aplikasi, termasuk judul-judul populer seperti Draw Something, Pinterets, Nike+ GPS, dan Ghost Recon Commander. Selain mekanisme rating, pengguna juga akan memperoleh rekomendasi aplikasi berdasarkan judul-judul yang dimainkan oleh teman-teman Facebook-nya.

Facebook berharap App Center bisa meningkatkan popularitas aplikasi yang berhubungan dengan situs jejaring sosial tersebut, yang pada akhirnya akan membantu menaikkan popularitas Facebook.

Share this

0 Comment to "Facebook Kini Punya Toko Aplikasi Sendiri"

Post a Comment