Monday, December 30, 2013

Fenomena Cabe-cabean

Pergeseran-Makna-Cabe-Cabean_haibaru650x431


Hai Magazine - Sekilas, cabe-cabean itu memang erat berhubungan sama dua hal yaitu cewek dan motor. Tadinya biasa dipakai sama orang-orang yang eksis di arena balap liar. Cabe-cabean, mereka gunakan untuk menyebut cewek yang suka scene balap liar.

Dari mereka, ada yang ‘pure’ suka dengan balap-balapannya, tapi ada juga yang sekadar cari cowok yang jago balap atau punya motor keren, sampai ada juga yang jadi trofi atau buat hadiah taruhan.

Seiring berjalannya waktu, cabe-cabean pun jadi hits di media sosial, jenisnya jadi kayak cewek alay-alayan. Dan makna cabe-cabean pun menurut beberapa teman, telah mengalami pergeseran makna. Bagi yang belajar bahasa Indonesia, coba komentar termasuk golongan ameliorasi atau peyorasi. Yang nggak suka pelajaran tata Bahasa Indonesia, skip aja.

Mending baca komentar dari  Daffa, warga SMAN 71 Jakarta. Menurutnya, panggilan cewek cabe-cabean udah mengalami beberapa keanehan, cantik dan nakal sedikit, masuk golongan cabe yang pedas di jalan.

"Menurut gua, sih, cuma kaya panggilan untuk cewek yang gampangan. Tapi anehnya sekarang cewek cantik dikit dideketin terus dibilang cabe-cabean, Cuma karena usianya yang masih muda. Ada pergeseran makna sih menurut gue," begitu analisa Daffa.

Berbeda dengan Fernandi, salah satu warga SMAN 85 Jakarta ini bilang, cabe-cabean adalah sosok adik kelas, seperti siswi SMP yang ukurannta tanggung (abg kali maksudnya), tetapi termasuk cewek gampangan dan nggak diperhatiin sama orangtuanya.

“Iya, cewek tanggung SMP gitu, gampangan dan nggak suka diperhatiin orangtua, ajdi mereka biasa di jalan. Dan sering banget ada di atas motor dengan jenis matik yang udah dimodifikasi gitu. Terus biasa nongkrong di tempat-tempat keramaian yang dijadiin balapan sama cowok alay,” katanya yang setiap pulang sekolah, Fernandi selalu ngelihat cabe-cabean ini.

“Biasanya kelihatan pas sore-sore gitu. Gue sendiri sudah kenal sama istilah ini semenjak satu tahun lalu dari teman-teman gue," terangnya.

Raka Achmad Pradana, warga SMAN 26 Jakarta juga bilang seperti itu. Pemandangan cabe-cabean sudah menjadi bagian dari kehidupan orang-orang di jalanan.

"Cabe-cabean itu cewek alay nggak jelas yang suka wara-wiri di jalanan sampai tengah malem, bajunya juga aneh dengan celana gemesnya mereka pede aja naik motor bertiga, dan punya gaya rambut yang nggak jelas diwarnainnya kayak apa, mungkin biar dibilang keren gitu?" kata Raka mendeskripsikan apa yang sudah pernah dilihatnya.

Punya makna berbeda dengan Raka dan teman-teman lain soal cabe-cabean? Boleh banget komentar di bawah ini.

Share this

0 Comment to "Fenomena Cabe-cabean"

Post a Comment