Thursday, December 26, 2013

Indonesia Turut Merajai Facebook

fb1

KOMPAS.com — Indonesia kini termasuk sebagai negara yang berjaya di situs jejaring sosial Facebook. Ada 42 juta pengguna Facebook dari Indonesia, atau berada di urutan keempat setelah Amerika Serikat, Brasil, dan India. Secara keseluruhan pengguna Facebook berjumlah 900 juta. Namun, Asia, khususnya Indonesia, menjadi pengguna yang akan terus bertumbuh di situs yang diotaki, salah satunya oleh Mark Zuckerberg.

Menurut kantor berita AFP, Rabu (16/5/2012), Facebook mengalahkan situs pesaingnya, seperti Friendster dan MySpace di Asia. Ini didorong oleh banyaknya warga, serta adanya kebutuhan bagi jutaan pekerja migran yang bekerja dengan jarak berjauhan dari negara asal dan keluarga. Faktor ini turut membuat Indonesia masuk dalam radar Facebook.

Indonesia, juga Thailand, Filipina, dan Vietnam termasuk negara-negara dengan penggunaan waktu lebih lama di dunia online, antara lain dihabiskan untuk menonton video dan lainnya.

Situs Friendster pernah merajai Indonesia, tetapi Facebook menambahkan aplikasi agar situs ini bisa diakes di Blackberry dan di sejumlah gadget. "Karena itu, dalam waktu cepat, Indonesia berubah dari negara Friendster menjadi negara Facebook," kata Tom Crampton, Kepala Media Sosial Asia, dari perusahaan raksasa periklanan Ogilvy & Mather.

Selain itu, Facebook menjadi tantangan bagi siapa saja yang selama ini memonopoli infomasi. Facebook juga menjadi saran bagi pengguna untuk menantang keadaan sosial yang tidak beres, yang harus menjadi perhatian pemerintah. Facebook juga menjadi tantangan bagi mereka yang terlalu mempertahankan pandangan konservatif. Ini juga berlaku di Indonesia.

Warga Malaysia, misalnya, menakutkan bagi pemerintahnya karena Facebook digunakan sebagai sarana penyampaian rasa ketidakpuasan.

Share this

0 Comment to "Indonesia Turut Merajai Facebook"

Post a Comment