Friday, December 13, 2013

Jalan Veteran Kota Malang Kian Lebar

Jalan_Veteran_Kota_Malang

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menunjukkan keseriusannya untuk melanggengkan rekayasa jalur satu arah sepanjang Jalan Mayjend Panjaitan-Veteran-Gajayana-MT Haryono, Ngalamers. Indikasinya, upaya untuk memuluskan one way system terus digalakkan. Salah satunya dengan melakukan pengeprasan taman median jalan di sepanjang kawasan Veteran.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Subari mengatakan, taman median jalan tersebut akan diminimalkan. Dari yang sebelumnya selebar 7 meter dijadikan separonya saja, Ngalamers. Jika nanti lebarnya hanya 3,5 meter, maka otomatis akan membuat Jalan Veteran lebih lebar dan bisa dilalui lebih banyak kendaraan. "Kalau median jalan dikepras, jadi jalan bisa lebih lebar dan mengakomodasi lebih banyak kendaraan," katanya, Rabu (11/12/2013) kemarin.

Proses pengeprasan jalan pun sudah dimulai sejak hari Minggu (8/12/2013) lalu, Ngalamers. Sementara kemarin, salah satu ruas jalan terpadat di Kota Malang itu telah terlihat berbeda. Yang dulunya bagian dari taman kini berubah menjadi rata dengan tanah. Hanya saja, median jalan yang sudah diratakan dengan tanah itu belum bisa dilewati kendaraan, karena kondisinya masih agak terjal.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang, Wasto mengaku, beberapa hari terakhir ini, pihaknya tengah melakukan pemindahan tanaman di taman tersebut. "Kita mendapat atensi untuk melakukan pemindahan tanaman di sana. Termasuk agar pemeliharaannya tetap baik," paparnya.

Selanjutnya, pihak DKP tinggal menunggu tindak lanjut dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPU PPB). Sebab merekalah yang berkompeten melakukan pengaspalan jalan. Dengan demikian, diharapkan nanti layak dilalui kendaraan yang melintas. "Tinggal tunggu pengaspalan saja dari DPU PPB," jawab Wasto.

Ketika dikonfirmasi, Kepala DPU PPB Kota Malang, Jarot Edi Sulistyo membenarkan bahwa pihaknya bakal segera menggarap proyek tersebut. Hanya saja, soal waktunya masih terus dikoordinasikan dengan Dishub yang bersinggungan langsung dengan kebijakan lalu lintas kawasan tersebut, Ngalamers.

Intinya, DPU PPB siap jika sewaktu-waktu diminta melanjutkan perbaikan median jalan dengan melakukan pengaspalan jalan. "Semua sedang disiapkan. Nanti kalau memang waktunya digarap ya kami garap. Sekarang kita tahap koordinasi bersama," tandasnya.

Courtesy : Halo Malang

Share this

0 Comment to "Jalan Veteran Kota Malang Kian Lebar"

Post a Comment