Friday, December 20, 2013

Kenapa Harus Makan Ikan ?

sushi20

Apakah anda pernah mendengar istilah, “makan ikan mencerdaskan” atau ikan adalah makanan untuk otak? ya, telah banyak bukti yang mendukung pernyataan tersebut. Tidak ada yang menyangkal bahwa makan ikan secara positif mempengaruhi kesehatan, dan tingkat kecerdasan balita Bahkan, ahli gizi pada umumnya sepakat bahwa anda harus makan ikan minimal dua porsi per minggu.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa anda harus menambahkan ikan dalam menu diet anda.

• Asam Lemak Omega-3 :

Banyak jenis ikan mengandung “minyak ajaib” yang dikenal dengan asam lemak omega-3 yang memberikan banyak manfaat. Omega-3 memainkan peran besar dalam menjaga arteri dari penyumbatan dan menurunkan tekanan darah, sehingga ikan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Omega-3 juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi omega-3 secara rutin anda akan terbebas dari kemungkinan timbulnya arthritis, diabetes dan kanker. Beberapa ahli bahkan meyakini bahwa omega-3 sebenarnya bisa membantu perkembangan otak. Banyak jenis ikan yang kaya omega-3 diantaranya adalah lemuru, tuna, sardin, kembung, salmon dan trout.

• Kandungan Lemak Jenuh Rendah :

apa bedanya lemak baik dan jahat ? omega-3 yang ditemukan pada beberapa jenis ikan adalah tipe lemak tak jenuh ganda yang termasuk lemak baik. Disamping itu, terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan anda. Tubuh hanya membutuhkan lemak jenuh dalam jumlah sedikit atau kurang dari 10% dari asupan kalori. Daging memiliki tingkat lemak jenuhtinggi,  tetapi tidak dengan ikan. Jadi, ketika anda memilih makan ikan dibanding daging sapi berarti anda telah mengurangi kemungkinan arteri yangtersumbat akibat konsumsi lemak jenuh.

• Vitamin dan Mineral :

banyak jenis ikan yang memenuhi kebutuhan vitamin harian. Misalnya, satu porsi salmon memberikan 100% vitamin D yang dibutuhkan dan 50% vitamin B12. Ikan kaleng seperti sarden yang telah lunak, tulangnya mudah dicerna dan menyediakan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Ikan lainnya seperti halibut menyediakan seperempat dari kebutuhan magnesium harian yang dapat memberikan ketenangan dan membuat anda teratur.

• Paket Protein :

Memasukkan ikan dalam menu makanan anda untuk beberapa hari dalam seminggu dapat memberikan alternative menyenangkan dan menyehatkan. Ikan segar mengandung protein yang lengkap dengan semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahankan metabolisme tubuh yang sehat. Melalui metabolism yang baik, tubuh anda akan menggunakan protein sebagai bahan bakar untuk menurunkan berat badan.

• Variasi Olahan :

bakar, panggang atau kukus. Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengolah ikan. Anda  ahkan dapat menggulungnya bersama dengan nasi seperti sushi. Tetapi, hindari ikan untuk digoreng. Pastikan minyak goreng yang digunakan adalah masih baru dan angkat segera setelah matang. Ikan yang digoreng terlalu lama dapat menurunkan manfaat kesehatan yang ingin Anda peroleh.

• Peringatan :

Ikan  menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan anda, tetapi harus dipastikan bahwa ikannya dalam kondisi yang masih segar ditangkap atau dibudidayakan dari perairan yang bersih dan ditangani dengan baik, benar dan cepat. Dengan banyaknya manfaat kesehatan yang terkandung dalam ikan, tidak ada salahnya bila anda mulai makan ikan secara rutin. Selamat mencoba..!!

Courtesy : Real Bisnis

Share this

0 Comment to "Kenapa Harus Makan Ikan ?"

Post a Comment