Wednesday, December 18, 2013

Mengetahui Hobby Dan Keahlian Dari Seorang Blogger

 

blogger

Setiap blogger pasti memiliki keahlian sendiri-sendiri selain di dunia maya. Hal itu tercermin dari artikel yang ditulisnya.

Menulis artikel itu sama dengan orang berbicara, sama-sama keterampilan produktif yang bersifat ekspresif, yang membedakan hanyalah mediumnya saja. Orang yang sedang berbicara berarti sedang menggunakan medium bahasa lisan, sedangkan orang yang menulis berarti sedang menggunakan medium bahasa tulis.

Akan tetapi substansi yang mereka sampaikan sama, yaitu harus bisa menguasai apa yang disampaikan kepada orang lain. Secara alami para blogger menggunakan hobbynya untuk melakukan hal itu. Misalnya, jika mereka membuat niche tertentu di blognya, biasanya niche tersebut tak lepas dari hobbynya. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi mereka dalam menyampaikan pesan kepada pembaca.

Berikut ini beberapa contoh dari pengamatan saya di internet.

1. Seorang Guru

Jika ada seorang guru di sekolah menerjuni dunia blogger sebagai aktivitas sampingan, maka artikel yang ditulisnya tak lepas dari ha-hal yang terkait dengan kegiatan di sekolah. Misalnya, menulis materi pelajaran di sekolah, tips mengajar yang baik, cara memberi tugas siswa, dan sebagainya.

Beberapa blog di internet yang adminnya adalah seorang guru pasti memiliki artikel pendidikan. Karena hal itu merupakan cara paling mudah bagi mereka dalam menyampaikan pesan. Sehingga artikel pendidikan adalah hobby.

Seperti kata penulis terkenal, Darrel Scheitzer, “If you don’t know it, don’t write it.” Artinya, "Jika Anda tidak tahu sesuatu, jangan menulisnya". Ketahuilah dulu sesuatu dan barulah menulisnya. Seorang guru yang menulis artikel pendidikan akan lebih baik hasilnya daripada menulis artikel tentang teknik SEO.

2. Seorang Hobby Spiritualis

Ada seorang publisher adsense memiliki blog dengan niche adsense, namun dicampur dengan artkel spiritual. Setelah saya amati, artikel yang paling banyak dikunjungi adalah artikel spiritual-nya. Padahal artikel spiritual itu hanya berjumlah sedikit saja jika dibandingkan artikel yang bertopik adsense yang banyak sekali dan tumpang tindih.

Ini membuktikan bahwa secara substansial si blogger tersebut lebih mudah menulis artikel bertema spiritual dibandingkan artikel niche adsense. Karena spriritual merupakan hobby asli, sedangkan adsense merupakan hobby karena uang atau sebuah pekerjaan yang memaksa.

Bagaimana Dengan Blogger Murni? Keahlian blogger murni akan muncul dengan sendirinya dalam diri seseorang jika keahliannya dibidang ngeblog telah mendominasi skill yang ia miliki. Misalnya, seorang tenaga medis akan menulis artikel tentang Tips SEO jika keahliannya di bidang kesehatan telah dikalahkan oleh ilmu blogger-nya.

Manusia terus ditempa oleh aktivitasnya sendiri sepanjang waktu. Seorang buruh bangunan bisa menjadi pakar webmaster jika terus ditempa dengan pelajaran-pelajaran webmaster. Begitu juga dengan kita. Tanpa terasa keahlian anda di dunia internet akan melebihi skill anda di dunia nyata, karena setiap hari anda terus ditempa dengan update artikel rutin di blog. Buktinya, sekarang tidak sedikit pak guru yang menjadi webmaster senior, padahal mereka tidak pernah bercita-cita menjadi blogger.

Tidak sedikit orang yang berhenti dari pegawai lalu berprofesi sebagai blogger publisher adsnse. Contohnya, Dave Taylor, James Graham, Jenifer Moss, Peter Horan, Richard Graham, dan masih banyak lagi.

( * ) Hobby dan keahlian seorang blogger tercermin dari artikel yang ditulisnya. Blogger yang suka memelihara ayam pasti akan memasukkan ayamnya ke dalam blognya. Dan, aktivitas setiap hari dari seseorang akan memunculkan sebuah keahlian.

Courtesy : Juragan Cipir

Share this

0 Comment to "Mengetahui Hobby Dan Keahlian Dari Seorang Blogger"

Post a Comment