Saturday, December 28, 2013

Microsoft Punya "Penangkal" Baru agar Windows 8 Sulit Dibajak

Win8-live-tiles

Bukan rahasia lagi kalau sistem operasi Windows bikinan Microsoft adalah target favorit pembajak software.

Setelah menerapkan metode aktivasi via internet yang berlaku sejak zaman Windows XP, kini Microsoft telah menyiapkan penangkal lain untuk kelak dipakai mengamankan sistem operasi terbarunya, Windows 8, dari pembajakan. Sistem anti-pembajak ini rencananya bakal diterapkan pada versi OEM Windows 8. Sebelumnya, satu kunci aktivasi bisa mengaktifkan beberapa kopi OEM Windows. Hal itu tak akan berlaku lagi mulai dari Windows 8.

Versi OEM atau Original Equipment Manufacturer dari Windows 8 didistribusikan ke produsen-produsen komputer yang ingin memakai sistem operasi tersebut di produk mereka. Nantinya, tiap PC yang dijual sepaket dengan Windows 8 akan memiliki product key individual yang ditulis ke dalam BIOS sehingga sulit dimanipulasi. Produsen komputer juga diharuskan memperoleh product key secara langsung dari Microsoft.

Untuk menjamin keasliannya, tiap komputer dengan Windows 8 original bakal ditempeli stiker bertuliskan "Genuine Microsoft". Ini juga berbeda dari sebelumnya di mana yang diperlukan hanyalah certificate of authenticity. Dengan cara itu, diharapkan para pembajak software dan produsen komputer nakal menjadi tidak berkutik.

Ketentuan baru ini berlaku terbatas untuk Windows 8. Namun, apabila ternyata Windows 7 bertahan selama Windows XP, bukan tidak mungkin Microsoft akan menerapkan strategi pengamanan yang sama terhadap sistem operasi yang lebih lawas itu.

Courtesy : KOMPAS

Share this

0 Comment to "Microsoft Punya "Penangkal" Baru agar Windows 8 Sulit Dibajak"

Post a Comment