Friday, December 13, 2013

Nokia Siap Rilis Ponsel Android ?

Nokia and

Sederet ponsel seri terbaru sudah disiapkan Nokia untuk menyambut tahun baru. Salah satu ponsel yang disebut-sebut sebagai Nokia Normandy, baru-baru ini menampakkan diri lewat bocoran foto.

Informasi terbaru yang dilansir sejumlah situs dan blog teknologi menyebutkan, ponsel ini akan menggunakan Android. Ponsel dengan rasa OS robot hijau ini kabarnya disiapkan untuk dirilis pada 2014. Belum ada konfirmasi dari Nokia mengenai kebenaran laporan ini.

Dikutip dari Engadget, Rabu (11/12/2013), kabarnya Normandy akan masuk dalam kategori seri ponsel Asha, bukan Lumia seperti yang disebut-sebut sebelumnya. Ketiadaan sejumlah spesifikasi seperti capacitive button dan LED flash, mengindikasikan perangkat ini ditujukan untuk pasar menengah ke bawah. Jika benar Nokia mengadopsi Android di gadgetnya yang satu ini, artinya Nokia akan punya kendali penuh terhadap ekosistem perangkatnya, namun dengan tetap memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk menikmati aplikasi. Hal ini yang sulit dilakukan pada seri Asha.

Beberapa waktu lalu akun twitter @evleaks pun memang menampilkan sebuah foto smartphone yang diklaim sebagai Normandy. Yang menarik adalah tweet yang menyertainya, yakni sebuah pertanyaan berbunyi: "A real Asha. Or Lumia?" Akun yang kerap memberikan bocoran gadget terbaru ini sebelumnya menyebut lima smartphone terbaru Nokia adalah seri Lumia. Namun dengan memunculkan pertanyaan tersebut, tampaknya Normandy masih dalam spekulasi, apakah termasuk jajaran Lumia atau Asha.

Secara penampilan, Normandy memiliki tampilan fisik seperti Lumia 520. Bedanya, Normandy berukuran lebih kecil, dan terdapat tombol khusus yang ditujukan untuk pengoperasian kamera.

Yang lebih mengejutkan lagi, tombol home tidak menampilkan logo Windows Phone seperti pada ponsel Lumia. Rupanya, ketiadaaan logo inilah yang memunculkan spekulasi bahwa Normandy masuk dalam seri Asha. Selain foto penampakannya, belum ada informasi lain mengenai spesifikasi handset ini.

Sebelumnya, akun anonim ini juga membocorkan akan ada lima smartphone Nokia yang tak lama lagi dirilis. Perangkat tersebut memiliki codename yang cukup unik, yakni Goldfinger, Moneypenny, Normandy, Phantom dan Spinel.

Courtesy : Detik Inet

Share this

0 Comment to "Nokia Siap Rilis Ponsel Android ?"

Post a Comment