Thursday, December 12, 2013

Pemerintah Godok Kesiapan Jepang Bangun 'Shinkansen' Jakarta-Surabaya

shinkansen_300_700

Menteri Perhubungan Evert Ernest Mangindaan mengungkapkan bahwa Jepang secara resmi telah menyatakan kesediaannya untuk ikut serta dalam proyek kereta api cepat dari Jakarta menuju Surabaya. Konsep itu saat ini tengah digodok oleh pemerintah.

Mangindaan menyebut bahwa pembuatan konsep tersebut sudah berlangsung dan diperkirakan akan lebih mudah mengingat jalur Jakarta-Surabaya sudah memiliki double track (jalur ganda).

“Otomatis ini bakal mempermudah pembangunan kereta cepat ini," katanya, Rabu (11/12/2013).

Rencananya, jalur kereta cepat ini akan dibangun elevated atau melayang di atas lahan kosong yang telah dibebaskan pemerintah untuk jalur ganda tersebut. Hal ini diharapkan akan mempermudah pembebasan lahan yang selama ini menjadi kendala dalam pembangunan infrastruktur.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengungkapkan bahwa nilai proyek ini akan berkisar Rp 60 triliun hingga Rp 70 triliun. Untuk mendanai proyek ini, pemerintah akan dibantu dana hibah dari Jepang. "Mereka telah setuju untuk membantu dan memberikan dana hibah untuk membiayai proyek tersebut," kata Bambang.

Saat ini pihak Jepang sedang melakukan prastudi kelayakan mengenai pembangunan ini. Hal yang mungkin masih diperdebatkan, menurut Bambang, adalah rute yang akan dilewati kereta ini.

Menurutnya, ada pilihan kereta ini mengambil jalur langsung dari Jakarta, Cirebon, Semarang, dan Surabaya. Pilihan rute kedua adalah melewati Bandung dari Jakarta sebelum akhirnya ke Cirebon, Semarang, dan berakhir di Surabaya.

Sementara opsi terakhir adalah Jakarta-Cikarang-Bandung-Cirebon-Semarang-Surabaya.

"Nantinya kita akan lihat jumlah permintaan penumpangnya juga," katanya.

Dikutip dari wikipedia, kereta cepat di Jepang disebut sebagai Shinkansen. Kereta ini juga kerap disebut sebagai kereta peluru. Shinkansen merupakan sarana utama untuk angkutan antar kota di Jepang, selain pesawat terbang. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 300 km/jam.

Nama Shinkansen sering digunakan oleh orang-orang di luar Jepang untuk merujuk kepada kereta apinya, namun kata ini dalam bahasa Jepang sebenarnya merujuk kepada nama jalur kereta api tersebut.

Courtesy : Tribun News

Share this

0 Comment to "Pemerintah Godok Kesiapan Jepang Bangun 'Shinkansen' Jakarta-Surabaya"

Post a Comment