Sunday, December 29, 2013

Polita Chips : Keong Sawah Membawa Berkah

Polita Chips, pemanfaatan keong sawah membawa berkah
Polita Chips, pemanfaatan keong sawah membawa berkah


Keong sawah adalah hama bagi petani di Indonesia, termasuk petani di Lamongan. Tidak jarang serbuan hama ini merugikan petani dalam jumlah besar. Inilah salah satu latar belakang diproduksinya Polita,keripik dengan bahan dasar keong sawah karya Sulthan Alfathir, mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian angkatan 2013, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya.

"Selain untuk mengurangi hama di sawah, proyek ini juga dapat membantu menambah pemasukan petani selama masa tunggu panen", jelasnya. Petani di sekitar Kabupaten Lamongan diajak untuk mengumpulkan keong sawah setiap hari untuk bahan baku Polita Chips.

"Per kilogram keong sawah, diganti uang antara Rp 7.000,- hingga Rp 9.000,-. Kami memang mengambil sesuai harga pasar, hingga petani juga tidak rugi. Dalam sehari kami bisa menerima 10 hingga 15 kilogram", ujarnya. Cemilan ini juga memiliki kadar protein tinggi dan rendah lemak, lemak essensial, dan mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah.

Keong yang dikirimkan kepada Sulthan telah dibersihkan dari cangkang dan racun sebelumnya. "Setelah bersih dari cangkang dan racun, kami tinggal mengolah menjadi keripik", ujar mahasiswa FTP UB ini. Dalam pengolahannya, Polita Chips, menurut Sulthan, menggunakan bahan alami dan tanpa pengawet kimia. "Polita Chips bisa bertahan selama kurang lebih satu bulan, karena kering", jelasnya.

Polita Chips telah mengantarkan Sulthan kepada beberapa penghargaan skala nasional, seperti Finalis Lomba Inovasi Bisnis Pemuda yang diadakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (27-29/11), Juara III Syariah Bisnis Plan di Institut Pertanian Bogor (16-18/11).

Polita Chips juga mengantarkan Sulthan meraih predikat Juara I Wirausaha Mikro Berwawasan Lingkungan 2013 (9-12/12) kerjasama City Foundation dan Universitas Indonesia. Predikat ini diraih oleh Sulthan karena produknya orisinil dan memberikan dampak positif serta manfaat kepada lingkungan. Proyek ini adalah proyek Sulthan semasa SMA dan dibimbing oleh Ahmad Rizal Jamhari, pembimbing UKM setempat.

"Selain memberdayakan petani, cangkang keong yang dihancurkan dapat dijadikan pakan ternak sehingga tidak ada limbah tersisa", tambahnya. Kedepan, Sulthan berharap Polita Chips dapat menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Lamongan dan mampu bersaing di minimarket retail.

Courtesy : Prasetya Online

Share this

0 Comment to "Polita Chips : Keong Sawah Membawa Berkah"

Post a Comment