Saturday, December 14, 2013

Pro Evolution Soccer 2014 : Mirip FIFA?

pes 2014

Penggemar game sepakbola pasti sudah lama menanti munculnya produk terbaru keluaran Konami ini. Akhir Agustus kemarin, Konami akhirnya meluncurkan Pro Evolution Soccer 2014 (PES 2014). Produsen game asal Jepang ini menambahkan banyak fitur baru di PES 2014 yang sebelumnya tidak ada di edisi PES sebelumnya. Salah satunya, ketika baru menginstal PES, kita diperintahkan untuk memasukkan tim dan pemain favorit kita. Nantinya, pemain pilihan kita tersebut akan selalu ditampilkan pada main menu PES 2014.

Pada main menu, juga akan ditampilkan cuplikan – cuplikan gambar pada layar sebelah kanan ketika kita telah memainkan suatu pertandingan sebelumnya. Selain itu terdapat pula fitur baru pada strategi yang disebut combination play, dimana kita dapat menggerakkan dua atau lebih pemain sekaligus untuk melakukan berbagai macam trik sesuai dengan pilihan kita. Cara mengaktifkannya cukup mudah, hanya perlu menekan L2 dua kali.

PES 2014 juga menyajikan hal yang berbeda pada Master League-nya. Jika di PES 2013 kita hanya melatih satu klub saja, di PES 2014 kita juga berkesempatan untuk melatih sebuah tim nasional (timnas) sesuai kewarganegaraan yang kita pilih. Semakin baik prestasi level klub yang kita raih, semakin besar pula kesempatan kita untuk melatih timnas.

Namun ada yang berpendapat, PES 2014 lebih buruk dari PES 2013. Nizar Riftadi Prabandaru, salah satu pemain PES mengatakan bahwa gameplay dari PES 2014 mirip dengan gameplay FIFA 2013 keluaran EA Games. Kesamaan gameplay ini menyebabkan pemain PES tidak terbiasa dengan adanya perubahan ini. Padahal, selama ini PES selalu dianggap lebih unggul masalah gameplay dibandingkan FIFA. “Kalau gameplay-nya sama, kan lebih baik main FIFA yang lisensinya lebih lengkap dari PES.”tutur Nizar. Mahasiswa jurusan Informatika angkatan 2012 ini menambahkan, grafik PES 2014 juga lebih buruk dari PES 2013. Padahal, PES 2014 memakan lebih banyak memori daripada PES 2013. Hal ini menyebabkan beberapa penggemar PES akan cenderung memilih edisi sebelumnya dibandingkan seri kali ini.

Courtesy : Kavling10

Share this

0 Comment to "Pro Evolution Soccer 2014 : Mirip FIFA?"

Post a Comment