Tuesday, December 3, 2013

Sejarah Hari Ini (2 Desember) : Ballon d'Or Pertama Cristiano Ronaldo, 2008

CR7


Performanya di Euro 2008 terganggu rumor panjang kepindahan ke Real Madrid meski demikian, pencapaian istimewa sang bintang tetap mendapat balasan setimpal.

2 Desember 2008, Cristiano Ronaldo mengangkat trofi penghargaan individual paling bergengsi, Ballon d'Or. Superstar Portugal ini sukses mengalahkan penyerang Barcelona Lionel Messi dan striker Liverpool Fernando Torres.

Setahun sebelumnya, performa gemilang Kaka mengalahkan aksi istimewa winger Manchester United namun catatan 42 gol di semua kompetisi bagi si Setan Merah memastikan namanya tercatat dalam buku sejarah pemain terbaik.

Kesuksesan yang diraih Cristiano sangat telak. Pemain yang pada saat itu baru berusia 23 berhasil meraup 446 poin dari total kemungkinan 480. Messi dan Torres harus puas berada di posisi dua dan tiga, namun perolehan poin mereka jauh di bawah Cristiano. 267 dan 165.

Ronaldo mencetak 42 gol untuk membawa United jadi raja sepakbola Inggris sekaligus Eropa dengan menghadirkan trofi Liga Primer dan Liga Champions, catatan ini masih ditambah empat gol di level internasional.

Performanya di Euro 2008 terganggu rumor panjang kepindahan ke Real Madrid meski demikian, pencapaian istimewa sang bintang tetap mendapat balasan setimpal.

Keberhasilan ini menjadikan Ronaldo pemain pertama United yang menyabet penghargaan terbaik di dunia setelah George Best pada 1968. Sang bintang juga menjadi pemain Portugal ketiga yang meraih Ballon d'Or setelah Eusebio dan Luis Figo.

Fakta lainnya adalah untuk kali pertama Liga Primer menyumbang pemain di jajaran peraih Ballon d'Or sejak Michael Owen melakukannya pada 2001 usai mengantarkan Liverpool meraih treble.

Courtesy : Goal ID

Share this

0 Comment to "Sejarah Hari Ini (2 Desember) : Ballon d'Or Pertama Cristiano Ronaldo, 2008"

Post a Comment