Wednesday, December 4, 2013

Semoga Esok adalah Hari yang Cerah

Mornings

Orang Jepang pernah berkata jangan kamu mencari pekerjaan tapi buatlah pekerjaan itu yang perlu kita tanamkan pada bangsa kita. Tulisan ini saya dedikasikan kepada teman, sahabat kakak-kakak yang gagal dalam menembus seleksi CPNS di sejumlah daerah di Indonesia janganlah kita semua berkecil hati jika anda kecewa itu hal yang wajar dan manusiawi karena jika anda mengaku tidak kecewa berarti tidak ada motivasi dalam diri untuk mengikuti seleksi tersebut.

Tapi akankah dengan usia kita yang relatif kurang dari 35 tahun ( karena memang syarat maksimal mengikuti CPNS adalah 35 tahun ) hanya mau menyesal dan selesai sampai di situ kegagalan adalah sukses yang tertunda begitu kata orang bijak tapi kalau gagal kok berkali kali giman nih? Mungkin itu yang sering terbesit di pikiran kita, sehingga sering timbul perasaan iri dengki kepada mereka yang sukses ya kan? Jangan hilangkan perasaan iri tapi kita arahkan perasaan yang katanya jelek itu menjadi sikap yang konstruktif bukan destruktif gimana caranya? Muncul pertanyaan baru lagi kan nah kita harus tetap iri secara positif artinya wah kawan kita bisa sukses tuh berarti saya juga harus bisa sukses karena Tuhan tidak akan menciptakan sesuatu tanpa kegunaan virus yang mikroskopik saja punya fungsi apalagi kita yang besarnya ribuan bahkan jutaan kali virus.

Jadi kalau kita merasa mungkin usaha kita di saat ini masih belum optimal berarti harus ada perbaikan baik dari usaha kita yang berbentuk fisik maupun non fisik contoh tindakan fisik belajar lebih giat dengan berlatih menjalin hubungn yang baik dengan semua orang karena kan sejago jagonya orang dari 200 soal pasti ada 1 atau 2 soal yang dirasa sulit kalau kita baik dengan orang ya kemungkinan orang lain juga baik ke kita, kegiatan non fisik beribadah karena sekuat apapun kita berusaha semua keputusan ada di tangan pemilik pelangi ya walaupun wajib bagi kita untuk berusaha.

big_nightfall2


Nah lain lagi kalau kita sudah merasa itu bukan jalan kita untuk meraih sukses karena jalan seseorang untuk meraih sukses itu berbeda beda kan ini bukan putus asa tapi kita oportunis terhadap peluang jadi jika kita merasa peluang disebuah kejadian terlalu sulit kita harus melihat peluang lain yang lebih besar lalu lakukan yang semaksimal mungkin yang kita bisa lakukan. Contoh jika CPNS mungkin dari 50 slot akan diperebutka 1000 orang berarti peluangnya 1:200 SALAH karena tidak ada namanya sistem seperti itu jadi peluang yang benar itu 1:1000 untuk masing masing peserta jadi semua harus saling mengalahkan ya nggak.

Saat ini kita geser fokus ke mereka yang merasa kalau ada peluang yang lebih besar di tempat lain contoh kita berwirausaha karena (maaf kalau rasis) tapi warga negara kita yang beretnis Tionghoa sangat minim yang berkecimpung di birokrasi toh sampai tua tanpa gaji dan tanpa pensiun mereka dapat tetap eksis di masyarakat, hal ini yang musti kita tanamkan jangan pernah malu untuk berjalan dari bawah karena Sebuah tangga jika diawali dari bawah arahnya akan keatas tapi, jika tangga itu diawali dari atas arahnya akan kebawah.

Sebetulnya nilai nilai pendidikan kita memang mengajarkan kita untuk menjadi pegawai bukan menjadi pengusaha maka dari itu banyak dari kita yang mengalami hambatan saat terjun ke dalamnya kurangnya kreatifitas karena memang selama ini kita dididik untuk tidak kreatif tapi untuk menyesuaikan dengan keinginan pengajar alias BELAJAR MENJADI PENJILAT. Memang selain kreatifitas daya tahan kita terhadap cobaan itu juga menentukan tingkat dan waktu kesuksesan kita.

Kadang orang kita takut terjun ke suatu bidang karena kita belum punya ilmunya halah sebetulnya itu cuma alasan klasik yang disampaikan kita untuk menutupi rasa takut kita untuk keluar dari titik nyaman toh orang yang sukses tidak selamanya menguasai teknik untuk memproduksi sesuatu karena permasalahan di tingkat UMKM ( kenapa saya berbicara UMKM karena ya jangan mimpilah kalau kita yang awalnya saja berharap menjadi pegawai negeri memiliki uang yang berjumlah angka nol lebih dari 7 digit ya kan, uang dari mana itu hahahahahah) adalah kita mampu untuk membuat sesuatu tapi kita kurang mampu memasarkan hasil karya kita entah karena kualitas atau karena kita kurang bisa menembak segment pasar yang sesuai dengan hasil karya kita tadi nah untuk mengatasinya berarti kita harus menjadi sales ya memang ada 2 pilihan kita menjadi sales aktif dan sales pasif .

220x194x75x0


Sales aktif kita menjemput pelanggan yang kiranya berpotensi, sales pasif kita harus memposisikan produk kita dengan strategis sehingga orang akan secara sengaja atau tidak akan melihatnya. Selain itu mungkin kita kurang jeli dalam melihat peluang usaha. Jenis usaha yang menurut saya tidak akan lekang oleh waktu adalah food and baverage, tekstil dengan harga dan kulitas non premium, bisnis ide kreatif dalam hal ini mencakup percetakan dan desain. Alasanya food and beverage setiap hari orang butuh makan minum. Tekstil non premium ya karena lebih dari separuh orang kita ekonominya tengah tengah hampir terengah engah.

Jadi harga yang murah dengan kualitas yang standar akan lebih diminati karena dengan harga yang terjangkau walaupun life time tidak panjang mereka justru akan terlihat eksis karena jumlah yang dimiliki semakin banyak dan otomatis sering berganti. Bisnis ide dan iklan karena pada prinsipnya semua produk itu butuh iklan untuk mengenalkan dirinya ke khlayak selain itu sih masih ada banyak kok tapi itu semua kan tinggal feel kita (meminjam istilah pebisnis handal sebaik apapun kalau nggak dapet feel bakalan bubar deh) OK selamat mencoba kawan apapun pilihannya lakukan semaksimal Tuhan tidak akan membiarkan umatnya bekerja keras tanpa membuahkan hasil.

Share this

0 Comment to "Semoga Esok adalah Hari yang Cerah"

Post a Comment