Sunday, December 1, 2013

UB Tuan Rumah KJI IX dan KBGI V

Dekan FT UB bersama Ketua Dewan Juri KJI IX dan KBGI V saat Konferensi Pers


(Dekan FT UB bersama Ketua Dewan Juri KJI IX dan KBGI V saat Konferensi Pers)


Kontes Jembatan Indonesia ke IX dan Kontes Bangunan Gedung Indonesia ke V akan segera dilaksanakan. Kedua perhelatan besar Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi ini akan dilaksanak mulai Jumat hingga Minggu (29/11-1/12) bertempat di Universitas Brawijaya.

Dengan mengangkat tema "Jembatan, Kokoh, Praktis, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan" untuk KJI IX dan "Rumah Kayu Bertingkat yang Handal dan Berwawasan Nusantara" untuk KBGI V, ajang ini menguji kemampuan mahasiswa untuk berinovasi dan berkreasi dalam bidang perencanaan, konstruksi, perawatan jembatan dan bangunan yang dibuat.

Tahun ini, jumlah peserta  mencapai 151 proposal dan menciut menjadi 34 tim setelah proses seleksi di Kota Batu pada Senin dan Selasa (29-30/7) silam, terdiri atas tim Kategori Jembatan Baja sebanyak 8 tim, 8 tim Kateogri Jembatan Kayu, 9 tim Kategori Jembatan Busur dan 9 tim Kategori Bangunan Gedung.

Tidak hanya sebagai tuan rumah, UB juga menjadi finalis dalam kompetisi ini. Empat tim delegasi dikirim oleh Fakultas Teknik untuk memperebutkan piala bergilir "Reka Cipta Griya Indonesia", untuk KGBI V dan piala "Reka Cipta Titian Indonesia" untuk KJI IX.

Selain memperebutkan predikat Juara I, II dan III, ada pula pengharaan untuk Kategori Jembatan Baja dan Jembatan Kayu, yaitu Jembatan Terkokoh, Jembatan dengan kesesuaian implementasi rancangan terbaik, Jembatan Terindah, Waktu Pelaksanaan Tercepat, K3 Terlengkap dan Metode Konstruksi Terealistis. Sedang untuk Jembatan Busur, memperebutkan 3 kategori yaitu Jembatan Terkokoh, Jembatan Terindah dan Kesesuaian dengan rancangan awal.

Sementara itu, KBGI selain memperebutkan predikat juara I, II dan III juga memperebutkan kategori Keindahan/Estetika, Kreativitas dalam Rancang Bangun, Kesesuaian Implementasi terhadap Rancangan, Kinerja Struktural dan Metode Pelaksanaan Konstruksi. Pemenang kompetisi jembatan tahun ini akan diikutsertakan dalam kompetisi jembatan tingkat internasional.

Melalui kompetisi ini, Dekan Fakultas Teknik UB, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS, berharap akan ada tindak lanjut atas karya pemenang, "FT UB telah menerapkan konsep jembatan yang menang KJI tahun lalu dari mahasiswa Teknik Sipil di daerah Pujon," ujarnya. Ia juga berharap dapat menumbuhkan budaya kompetisi yang sehat, memberi insentif bagi mahasiswa, menanamkan rasa cinta budaya serta penerapan ilmu dan pengetahuan terhadap aplikasi dan pengembangan rancang bangun.

Courtesy : Prasetya  UB

Share this

0 Comment to "UB Tuan Rumah KJI IX dan KBGI V"

Post a Comment