Wednesday, December 25, 2013

UMKM Binaan LPPM UB Terima Pinjaman Rp. 1,2 Milyar

Mirza Maulinarhadi R memberikan materi
Mirza Maulinarhadi R memberikan materi


Sebanyak 41 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB) menerima pinjaman lunak sebesar Rp. 1,2 Milyar dari PT. Danareksa (Persero).  Pinjaman disalurkan secara bertahap sebanyak tiga kali di bulan Mei, November dan Desember untuk tahun 2013.

"Selama tahun 2013 ini kita sudah mengucurkan dana pinjaman dari PT. Danareksa sebesar 1,4 Milyar. Kita berharap mitra binaan LPPM tidak hanya membaca haknya tapi juga kewajiban untuk membayar cicilan," ungkap Ketua LPPM UB Prof Dr Ir Siti Chuzaemi MS. Hal itu disampaikannya pada Pelatihan Manajemen Usaha, Kamis (19/12) di Ruang Pertemuan I Perpustakaan UB.

Bulan Desember ini disampaikan Mukhlisina Lahuddin KTU LPPM, ada delapan UMKM yang menerima pinjaman lunak dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan  PT. Danareksa (Persero). Mereka yakni M Khobari (Perternakan Sapi Perah), Ahmad Jazuli (Peternakan Ayam Petelur), Hari Purwanto (Peternakan Bebek Pedaging), Heni Setyo P (Peternakan Sapi Perah), Syamsul Arifin (Produksi Keramik Hias), M. Hadi Wibowo (Jasa Fotocopy), SURYATI (Produksi Telur Asin), dan Muh. Dimyati (Krupuk Opak). Kedelapan UMKM tersebut akan menerima total pinjaman sebesar Rp 300 juta.

Walau telah menerima pinjaman lunak, pembicara dari Fakultas Ilmu Administrasi Mirza Maulinarhadi R SE MSA Ak berpesan agar pengelola UMKM bisa mengelola keuangannya dengan tertib. Disarankannya mereka membuat sistem akuntansi berupa software untuk memudahkan pencatatan transaksi. Terlebih untuk UMKM yang transaksinya sudah ratusan tiap harinya. "Seringkali setelah menerima pinjaman kita terbius, padahal kita punya kewajiban untuk mencicil," tuturnya.

Courtesy : Prasetya Online

Share this

0 Comment to "UMKM Binaan LPPM UB Terima Pinjaman Rp. 1,2 Milyar"

Post a Comment