Monday, September 30, 2013

Sanitasi Statistik

BAB 1. PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang

Sanitasi merupakan usaha pengendalian kebersihan baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan. Tujuan dari dilakukannya upaya pengendalian ini adalah agar terhindar dari hal yang merugikan fisik, kesehatan dan menurunkan daya tahan tubuh. Hal yang mergikan ini dapat berasal dari fisik, mikrobiologi maupun agen-agen kimia lain.

Bakteri merupakan bagian dari mikrobiologi yang dapat mempengaruhi sanitasi. Penghitungan atau pemeriksaan bakteri dapat digunakan sebagai acuan atas tingkat sanitasi. Dalam penghitungan bakteri digunakan pendekatan secara statistika. Sehingga pemahaman tentang statistika menjadi sangat penting untuk diketahui.

Secara umum, statistik merupakan metode ilmiah dalammengumpulkan, mengklasifikasi, meringkas, menyajikan, menginterpretasikan, dan menganalisis data guna mendukung pengambilan kesimpulan yang valid dan berguna sehingga dapat menjadi dasar pengambilan keputusan yang masuk akal(Harinaldi, 2005).

Sunday, September 22, 2013

Practice and Progress : He Often Does This!




After I had had lunch at a village inn, I looked for my bag. I had left it on a chair beside the door and now it wasn't there! As I was looking for it, the inn-keeper came in.
'Did you have a good meal?" he asked.
'Yes, thank you,' I answered, 'but I can't pay the bill. I haven't got my bag.'
The inn-keeper smiled and immediately went out. In a few minutes he returned with my bag and gave it back to me.
'I'm very sorry,' he said. 'My dog had taken in into the garden. He often does this!'

Wednesday, September 18, 2013

World Class Entrepreneurial University

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/8/82/BundaranrektoratUB.jpg(Monumen Tugu Universitas Brawijaya)


1. World Class Entrepreneurial University, Apakah itu?

Nah, ayo kita bahas lagi lebih dalam.

World Class Entrepreneurial University. Hmm.. Ayo kita lihat kata yang berhuruf tebal yaitu Entrepreneurial. Sebelum membahas lebih dalam tentang World Class Entrepreneurial University, kita harus tahu dulu makna dari kata "Entrepreneurial".

Ekonom Perancis yang dikenal sebagai pencetus istilah ini adalah Jean Baptiste Say yang menggunakan istilah tersebut pada tulisan-tulisannya di sekitar abad ke-19: “Entrepreneur adalah orang yang memindahkan sumber-sumber ekonomi dari daerah kurang produktif ke daerah yang produktif untuk mendapatkan keuntungan”, dengan kata lain, “Entrepreneur adalah orang yang menciptakan nilai”.

Tuesday, September 17, 2013

Prinsip Sederhana Albert Einstein


albert einstein Prinsip Sederhana Albert Einstein tentang Kehidupan

Siapa yang tak kenal dengan Albert Einstein? dia adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar abad ke-20. Dia mengemukakan teori relativitas, mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi. Dia juga pernah dianugerahi Penghargaan Nobel Fisika pada tahun 1921 – untuk penjelasannya tentang efek fotoelektrik dan “pengabdiannya bagi Fisika Teoretis”. Bahkan, hingga saat ini Einstein selalu dijadikan sebagai simbol ‘kecerdasan’ atau ‘kejeniusan’ itu sendiri.

Monday, September 16, 2013

Penerimaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2013



Kepada Yth     :
1. Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta,
2. Koordinator Kopertis Wilayah I s.d XII
di seluruh Indonesia.

Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi memberi kesempatan kepada  mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk mengajukan usulan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang yaitu :  PKM-P, PKM-M, PKM-K, PKM-T dan PKM-KC yang akan didanai tahun 2014.

Sarjana Jangan Nganggur, Buka Usaha!



Lepas kuliah, tak jarang banyak dari para sarjana merasa kesulitan mencari pekerjaan. Namun setelah resmi menyandang gelar, tak melulu harus mencari kerja.

Seperti diungkapkan calon Wakil Presiden Republik Indonesia, Hary Tanoesoedibjo (HT), yang mengatakan jika mahasiswa yang baru saja lulus sebaiknya menjadi pengusaha.

Apa Sih yang Dicari dari Fresh Graduate?



Kesulitan mendapatkan pekerjaan menjadi persoalan utama yang harus dihadapi para lulusan perguruan tinggi. Sebenarnya, apa yang dicari oleh pihak industri dalam diri fresh graduate?

Human Resource (HR) PT Kideco Jakarta Ochlis menyatakan, sebelum bertanya apa yang dibutuhkan oleh pihak industri, para pencari kerja justru harus bertanya pada diri sendiri tentang pekerjaan yang diinginkan. Ochlis menyebut, penting untuk melihat kesesuaian pendidikan dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Wednesday, September 11, 2013

Lampu LED



Pengertian Lampu LED
       Lampu LED atau kepanjangannya Light Emitting Diode adalah suatu lampu indikator dalam perangkat elektronika yang biasanya memiliki fungsi untuk menunjukkan status dari perangkat elektronika tersebut. Misalnya pada sebuah komputer, terdapat lampu LED power dan LED indikator untuk processor, atau dalam monitor terdapat juga lampu LED power dan power saving.

Lampu LED terbuat dari plastik dan dioda semikonduktor yang dapat menyala apabila dialiri tegangan listrik rendah (sekitar 1.5 volt DC). Bermacam-macam warna dan bentuk dari lampu LED, disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya. Fungsi Lampu LED LED (Light Emitting Diode) merupakan sejenis lampu yang akhir-akhir ini muncul dalam kehidupan kita. LED dulu umumnya digunakan pada gadget seperti ponsel atau PDA serta komputer. Sebagai pesaing lampu bohlam dan neon, saat ini aplikasinya mulai meluas dan bahkan bisa kita temukan pada korek api yang kita gunakan, lampu emergency dan sebagainya. Led sebagai model lampu masa depan dianggap dapat menekan pemanasan global karena efisiensinya

Monday, September 9, 2013

7 Mitos yang Terkenal di Probolinggo


Apa sih mitos itu?

Menurut wikipedia, “Mitos (bahasa Yunani: μῦθος– mythos) adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional. Pada umumnya mitos menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural, dan sebagainya. Mitos dapat timbul sebagai catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual. Mereka disebarkan untuk menyampaikan pengalaman religius atau ideal, untuk membentuk model sifat-sifat tertentu, dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas.

Sunday, September 8, 2013

Inside the Battle Over a Strip-Mine Cemetery

A mine, a family cemetery, and a struggle over heritage and jobs.



A bird's-eye view of the mountaintop-removal mine that emptied Lindytown, West Virginia.


Photograph by Ami Vitale




Walk to the edge of the Jarrell family cemetery in the mountains of southern West Virginia, a plot of land the size of a tennis court where locals have been laid to rest for more than 200 years, and you'll come to a cliff that drops hundreds of feet.


Stretching out before you will be a strip mine so large you could hide the island of Manhattan in it.