Sunday, April 13, 2014

Akreditasi Turun, UB Lakukan Peninjauan Kembali



Turunnya akreditasi Universitas Brawijaya (UB) sudah menjadi perbincangan umum di kalangan civitas akademika terutama mahasiswa UB sendiri . Hal ini tentu saja membawa dampak buruk bagi kredibilitas salah satu universitas negeri ternama di Malang.

Akreditasi A yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kepada UB menurun satu tingkat menjadi B. Hal ini didasarkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah ketidak kompakan pihak internal Universitas Brawijaya dalam memberikan informasi saat proses pengumpulan data dilakukan.

“Informasi yang kita berikan ada yang mendukung dan ada yang bahkan melemahkan, jadinya kita terkesan tidak seragam dalam memberikan informasi,” ujar Yudie Wiro Eko Setyawan salah satu Staff Pusat Jaminan Mutu (PJM) UB saat ditemui (2/4). Informasi tersebut berkaitan dengan dokumen-dokumen yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh BAN-PT.

Yudie memastikan peninjauan kembali telah dilakukan oleh pihak PJM UB. “Berdasarkan dokumen-dokumen yang ada kita seharusnya layak mendapatkan akreditasi A,” imbuhnya.  Peninjauan kembali tersebut tidak hanya menjadikan akreditasi yang sudah ada berubah, tetapi juga bisa saja membuat akreditasi turun. “Kalaupun peninjauan kembali yang kita ajukan ditolak, tahun berikutnya kita akan memperbarui dokumen yang ada agar akreditasi kita bisa tetap A” tambah Yudie.

Usaha untuk mempertahankan akreditasi yang ada tidak hanya dilakukan oleh pihak PJM UB tetapi juga dilakukan oleh mahasiswa yang dilakukan pada hari Kamis (3/4) di Bundaran UB, aksi tersebut merupakan aksi tanpa tuntutan, dengan tujuan agar semua mahasiswa di UB tahu masalah apa yang sedang terjadi di kampusnya.

Courtesy : Kavling10

Share this

0 Comment to "Akreditasi Turun, UB Lakukan Peninjauan Kembali"

Post a Comment