Sunday, April 13, 2014

Sosialisasi PMW 2014 UB

Sosialisasi PMW 2014


Sosialisasi PMW 2014


Biro Administrasi Kemahasiswaan (BAK) Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2014, Rabu (2/4). Kegiatan yang digelar di Ruang Sidang Lantai delapan Gedung Rektorat ini dihadiri oleh anggota Eksekutif Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa tiap fakultas, dan Unit Kegiatan Mahasiswa UB.

Staf Ahli Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan, MS mengatakan, PMW tahun ini ada perbedaan dengan tahun sebelumnya. "Jika dulu diberi kebebasan membuat proposal kegiatan usaha, sekarang diharapkan jenis usaha sedapat mungkin sesuai dengan bidang studi yang diambil," ujar Prof. Budi.

Ia menerangkan, hal tersebut agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang dipelajari di bidang studi masing-masing. "Nantinya produk hasil dari usaha para peserta PMW akan dibuatkan semacam pameran, karena program ini salah satu tujuannya adalah membentuk jiwa entrepreneur mahasiswa sehingga tidak kaget saat terjun di masyarakat," paparnya.

Sosialisasi ini dipandu oleh Kasubbag Ketrampilan Hidup dan Pengembangan Karakter Mien Yantono, SE. Dijelaskan Mien, syarat peserta yaitu: (1) telah menempuh kuliah tiga semester atau minimal 60 SKS. (2) usulan usaha per individu. Apabila berkelompok, anggota kelompok hanya ditulis dalam lampiran. (3) besar anggaran maksimal Rp 8 juta. (4) setiap mahasiswa berhak satu program usaha. (5) belum pernah mengikuti PMW sebelumnya.

"Yang menjadi prioritas dalam seleksi ini adalah pengalaman mahasiswa dalam berwirausaha, usaha merupakan bisnis kreatif, dan merupakan hasil inovasi teknologi," ungkap Mien. Lebih lanjut dikatakan Mien, urutan dalam penulisan proposal yaitu sampul proposal sesuai bendera fakultas, lembar pengesahan proposal, ringkasan proposal, daftar isi proposal, daftar table, dan daftar gambar.

Mien berpesan agar setiap usaha memiliki karakteristik keunikan produk barang dan jasa. "Harus mempunyai ciri-ciri dan orisinalitas kreasi produk, dan jika ada barang/jasa sejenis harus dijelaskan keunikan dan keunggulan produk," jelasnya.

Tahapan seleksi PMW ini terdiri dari seleksi administrasi, desk evaluation, serta presentasi dan wawancara.

Courtesy : Prasetya UB

Share this

0 Comment to "Sosialisasi PMW 2014 UB"

Post a Comment