Monday, May 12, 2014

Trik Membedakan Software Windows Asli dan Bajakan

windows-8.1



Sistem operasi Microsoft Windows bajakan ternyata banyak dicari orang. Kualitas tinggi yang menyerupai aslinya, namun harga lebih murah menjadi daya tariknya. Lalu bagaimana membedakan software yang asli dengan yang bajakan?Menurut Ronald A Schwarz, Konsultan Microsoft, jika dilihat dari packing (kemasannya), baik yang asli maupun yang bajakan nyaris tidak ada bedanya. Hanya saja pada bagian belakang packing Windows original terdapat stiker dari importir resmi, sementara packing bajakan tidak memilikinya.

"Kemudian pada kepingan CD ada perbedaan yang bisa dilihat. Menurut Ronald, meski sudah berkualitas tinggi, kepingan CD software bajakan masih belum mampu membubuhkan beberapa 'identitas' kepingan asli berupa hologram yang menyatu di tepi luar dan dalam CD. Yang palsu jika ada hologramnya, itu merupakan stiker. Palsu belum bisa membuat hologram yang langsung di kepingan. Kalau palsu sekilas memang sama," katanya.

Praktek yang sering dilakukan, penjual perangkat komputer seperti notebook juga menawarkan instalasi Windows kepada pembeli. Jika dari penawaran pabrik memang disertai dengan instalasi Windows, maka dijamin original. Namun jika dari toko yang menginstal, maka patut dicurigai.

"Apalagi jika tidak ada biaya tambahan ketika membeli Notebook namun sudah diinstall (Windows), sudah pasti palsu," kata Ronald A Schwarz.

Microsoft mencium peredaran software Microsoft Windows 7 palsu di beberapa daerah sejak akhir tahun 2013 lalu. Kemudian Microsoft melakukan survei pasar di tiga kota yaitu Semarang, Jakarta, dan Bandung.

Di Semarang, Dit Reskrimsus Polda Jateng menyita 27 pack Software Microsoft Windows 7 bajakan dari tiga toko. Jonathan Selvasegaram dari Microsoft Digital Crimes Unit mengatakan software dijual kepada konsumen dan pebisnis dan sudah banyak yang menjadi korban penipuan.

"Dengan instalasi software bajakan, membuat sistem IT mereka masuk dalam resiko keamanan," kata Jonathan Selvasegaram.

Microsoft meminta agar konsumen harus lebih waspada dalam melakukan pembelian perangkat lunak atau komputer baru mereka. Dari segi harga Software Mocrosoft Windows 7 bajakan dijual dengan harga mulai Rp 650 ribu hingga Rp 950 ribu, sedangkan software asli antara Rp 1,14 juta hingga Rp 1,86 juta.

Courtesy : Liputan 6

Share this

0 Comment to "Trik Membedakan Software Windows Asli dan Bajakan"

Post a Comment