Wednesday, June 25, 2014

Akhirnya Proses Akuisisi Microsoft-Nokia Selesai

elop-satya


Seperti yang pernah dikabarkan sebelumnya, proses akuisisi Microsoft terhadap Nokia akhirnya selesai hari ini. Seperti yang ditulis dalam laman blog resmi Microsoft, proses akuisisi tersebut akan menjadikan Stephen Elop (ex-CEO Nokia), menjadi executive vice president of Microsoft’s Devices and Studios Group. Dengan posisi tersebut, Elop akan memimpin divisi yang sedang mengembangkan Xbox, Xbox Live, Microsoft Studios, Microsoft Hardware, Surface dan Nokia Devices & Services.

Nokia Oyj yang sekarang menjadi Microsoft Mobile Oy merupakan anak perusahaan dari Microsoft yang bertanggung jawab mengembangkan, memproduksi, dan mendistribusikan ponsel seluler Lumia, Asha, dan Nokia X serta perangkat lainnya. Jadi akan menarik kita lihat bagaimana lini Nokia X berkembang di tangan Microsoft. Microsoft Mobile Oy ini sendiri merupakan bagian dari Microsoft Devices yang dikepalai oleh Stephen Elop.

Akuisisi ini juga membuat Microsoft memiliki 8500 paten desain telephone yang dibuat oleh Nokia. Selain itu Microsoft juga memiliki lisensi 30.000 ‘utility’ paten dari Nokia selama 10 tahun dengan opsi untuk memperpanjang. Microsoft juga akan mengambil alih sejumlah 25.000 karyawan Nokia di lini telephone yang tersebar di 50 negara dan beberapa pabrik yang memproduksi perangkat telepon.

Sayangnya Microsoft masih belum mengumumkan bagaimana branding mereka setelah proses akuisisi ini selesai. Apakah masih menggunakan merk Lumia ataukah menggunakan merk lain seperti Surface Phone ataukah Microsoft Mobile.

Well, mari kita lihat bagaimana kiprah kedua perusahaan ini setelah bergabung. Strong together?

Courtesy : Idwinphone

Share this

0 Comment to "Akhirnya Proses Akuisisi Microsoft-Nokia Selesai"

Post a Comment