Wednesday, July 23, 2014

Puasa Ramadhan Bisa Mengoptimalkan Kualitas Sistem Imun Tubuh

Ardik Lahdimawan, dr. Sp.BS dalam promosi dokter di Gedung FK lantai 6, Sabtu (28/6).

Ardik Lahdimawan, dr. Sp.BS dalam promosi dokter di Gedung FK lantai 6, Sabtu (28/6).


Berdasarkan sensus penduduk tahun 2010 jumlah orang islam yang menderita TB sekitar 370 orang. Penderita TB dalam perjalanannya membutuhkan waktu lama untuk pengobatannya. Sehingga tidak menutup kemungkinan selama proses pengobatan, penderita TB punya kewajiban untuk menjalankan puasa sebulan penuh. Puasa yang dijalankan oleh penderita TBC ternyata mampu meningkatkan sistem imun tubuh dalam membunuh patogen Mycobacterium tuberculosis yang merupakan salah satu dari agen penyebab TB. Demikian pemaparan Ardik Lahdimawan, dr. Sp.BS dalam promosi dokter di Gedung FK lantai 6, Sabtu (28/6).

Dalam disertasinya yang berjudul "Puasa Ramadhan Eustress Mengoptimalkan Kuantitas Dan Meningkatkan Kualitas Sistem Imun Tubuh Dalam Mencegah Infeksi Mycobaterium Tuberculosis", mengatakan bahwa puasa ramadhan merupakan stressor  karena menimbulkan stress perception yang terjadi pada keadaan ibadah khusus yang mengubah kebiasaan sehari-hari, sehingga pelaksanaan puasa ramadhan akan merespon stressor tersebut. Respon tubuh terhadap kondisi stress dapat berupa perubahan endokrin, perubahan sistem  saraf, perubahan imunologi baik seluler atau humoral.

Puasa Ramadhan eustress yang ditandai meningkatnya beta-endorfin serum, PBMC dan makrofag pada hari ke-7 dan hari ke-21, endocannabinoid serum dan PBMC pada hari ke-7 dan hari ke-21, mengoptimalkan kuantitas sistem imun yang ditandai peningkatan TNF-alpha makrofag pada hari ke-7, iNOS PBMC dan makrofag pada hari ke-7 dan hari ke-21,serta penurunan SOD makrofag secara signifikan pada hari ke-7, sehingga meningkatkan kualitas sistem imun yang ditandai peningkatan kemampuan daya bunuh serum pada hari ke-7, PBMC dan makrofag pada hari ke-7 dan hari ke-21 dalam mencegah infeksi Mycobacterium tuberculosis.

Puasa ramadhan eustress memiliki efek atau pengaruh yang menguntungkan terhadap sistem imun dimana sistem imun tubuh dalam kondisi siaga secara fisiologis yang ditandai oleh optimalnya kuantitas dan meningkatkan kualitas.

Selain itu, puasa ramadhan eustress dapat mengurangi resiko dan dapat mencegah infeksi TB pada subyek sehat.

Courtesy : Prasetya UB

Share this

0 Comment to "Puasa Ramadhan Bisa Mengoptimalkan Kualitas Sistem Imun Tubuh"

Post a Comment