Thursday, September 18, 2014

Exotric, Si Mobil Kapur

Mahasiswa FT meneliti mobil berbahan bakar kapur
Mahasiswa FT meneliti mobil berbahan bakar kapur


Lima mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) menarik minat media sejak kemunculan mereka di Radar Malang (10/9) dengan mobil unik mereka. Keempat mahasiswa tersebut berasal dari Program Studi Teknik Kimia. Mereka adalah Dwi Chandra Pujayanti, Dobita, Afida Khofsoh, dan Rizka Dwi Octarina, serta satu mahasiswa dari jurusan Teknik Elektro, Sidiq Dharmawan.

Yang unik dari mobil ini adalah bahan bakar kapur yang tak lazim ditemui. Mereka mereaksikan kapur dengan senyawa asam untuk menimbulkan energi panas. Energi panas tersebut kemudian digunakan untuk membangkitkan energi listrik yang kemudian diubah menjadi energi kinetik untuk menggerakkan mobil. Meskipun masih prototype, mereka mengaku sangat bangga karena mobil ini adalah yang pertama di Indonesia.

Sekretaris Program Studi Teknik Kimia Ir. Bambang Poerwadi MS yang sekaligus pembimbing tim menyatakan bahwa mobil ini bebas polusi. "Mobil ini tidak berbau, tidak mengeluarkan asap, dan limbah sisa reaksinya pun saat ini sedang diteliti oleh tim lainnya untuk dijadikan penyimpan panas. Jadi mobil ini benar-benar tidak berpolusi," ujarnya saat diwawancarai reporter dari MetroTV, TransTV, SCTV, Antara, dan UBTV Kamis lalu (11/9).

Prototype mobil ini dibuat tiga bulan yang lalu. Mereka membuatnya dalam rangka mengikuti lomba Chemical Engineering Car Competition di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya pada 11-13 Agustus silam. Dalam kompetisi ini partisipan melombakan mobilnya dengan kriteria berbahan bakar dari hasil reaksi kimia dan mendekati batas jarak tempuh 18 m yang menjadi pemenangnya. "Mobil kami dapat menempuh 17,8 m. Kami bangga sekali karena ini pertama kalinya UB ikut lomba dan kami berhasil menjadi juara tiga," Ujar Sidiq dalam wawancaranya bersama Radar Malang (10/9).

Seakan menambah kebahagiaan mereka, proposal tim ini juga diterima dalam kompetisi yang akan diadakan oleh Association of Chemical Engineering di Perth, Australia pada 28 September 2014 mendatang. Saat ini mereka sedang membuat proposal penggalangan untuk akomodasi ke Australia.

Courtesy : Prasetya UB

Share this

0 Comment to "Exotric, Si Mobil Kapur"

Post a Comment