Wednesday, October 8, 2014

Disertasi Sukarni: Gunakan Mikroalga sebagai Alternatif Bahan Bakar Terbarukan

Dr. Sukarni lulus program doktor Teknik Mesin dengan cumlaude


Dr. Sukarni lulus program doktor Teknik Mesin dengan cumlaude


Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) kembali memberikan gelar baru pada Jurusan Teknik Mesin. Pada Rabu (1/10), bertempat di Auditorium Prof. Ir. Suryono,Lt. 2 Gedung FT, Sukarni menjalani sidang Disertasi Terbuka. Sebagai pemimpin sidang sekaligus penguji I dalam kesempatan tersebut adalah Prof. Ir. ING. Wardana, M.Eng, PhD. Melengkapi Dewan Penguji adalah Dr. Eng. Widya Wijayanti, ST., MT, dan Prof. Dr. Ir. Djoko Kustono, M.Pd selaku Penguji Tamu. Sedangkan dalam komisi Pembimbing, diketuai Prof. Ir. Sudjito Soeparman, Ph.D, sebagai Anggota 1 Dr. Eng. Nurkholis Hamidi, ST., M. Eng serta Dr. Uun Yanuhar, S.Pi., M.Si sebagai anggota 2.

Mengangkat judul " Karakteristik Mikroalga Laut Nannochloropsis Oculata Sebagai Alternatif Bahan Bakar Terbarukan", Sukarni berhasil mempertahankan disertasinya dengan meraih predikat Cumlaude.

Pengambilan isu dibalik disertasi ini dilatar belakangi kepedulian Sukarni  melihat fenomena keterbatasan bahan bakar berbasis fosil padahal bahan bakar fosil masih menjadi bahan bakar utama yang digunakan diberbagai sektor baik transportasi maupun energy. Selain itu, efek rumah kaca yang ditimbulkan juga memprihatinkan. Untuk itu Sukarni beralih pada Mikroalga sebagai bahan bakar alternative yang terbarukan dan lebih ramah lingkungan.

Dalam penelitiannya Sukarni fokus pada Mikroalga Nannochloropsis Oculata. Penelitian dilakukan untuk mengetahui karakteristik pembakaran biomassa mikroalga meliputi pola atau mekanisme dekomposisi, kinerja reaksi (energi aktivasi pembakaran dan pre-exponential factor), model pembakaran dan detail proses dekomposisi komponen biomassa Nannochloropsis Oculata. Tujuan penelitian Sukarni meliputi 7 hal yaitu; besaran produktivitas, karakteristik dari bahan bakar alternative ini mulai dari kandungan physical properties dan chemical properties-nya, kandungan zat molekulernya, mengetahui proses dekomposisi, struktur partikelnya, dan perubahan kandungan komponennya ketika pemanasan dengan pendekatan termogravimetri.

Ditemukan Sukarni berdasarkan data yang dia simpulkan melalui 7 fokus penelitiannya bahwa bahan bakar alternative terbarukan berbasis mikroalga Nannochloropsis Oculata layak sebagai bahan baku bahan bakar biomassa baik untuk pembakaran langsung atau pembakaran bersama dengan bahan bakar padat lain dengan memberi perhatian khusus pada kandungan abu yang tinggi.

Courtesy : Berita UB

Share this

0 Comment to "Disertasi Sukarni: Gunakan Mikroalga sebagai Alternatif Bahan Bakar Terbarukan"

Post a Comment