Sunday, March 30, 2014

Firms Find Ways to Cut Big-Data Costs

Facebook-Inspired Designs Are Helping Some Companies Build Data Centers On the Cheap


IV-AA546_BIGCHE_G_20140319130437


Frank Frankovsky, vice president of hardware design and supply-chain operations at Facebook. Facebook


Hardware costs can add up quickly in the era of big data.

As large companies collect, analyze and store increasing quantities of information, the expense of adding servers, hard drives and other equipment is threatening to crimp their big-data plans. Indeed, hardware sales related to corporate-data projects are expected to more than double to $15.7 billion in 2017 from $7.16 billion last year, according to Wikibon, a Marlborough, Mass., research organization.

Against that backdrop, more companies may take a page from Facebook Inc., FB -1.57% which has managed to squeeze hardware costs, largely by designing and building its own servers and data centers. The Menlo Park, Calif., social-networking company says the strategy has helped it save $1.2 billion over the past three years.

James : Sponge Sangat Penting Dalam Ekosistem Laut

Dr. James J Bell
Dr. James J Bell


Ekosistem terumbu karang di berbagai belahan dunia seperti Great Barrier Reef Australia, Kepulauan Karibia dan Kawasan Segitiga Terumbu Karang Dunia mengalami penurunan. Diantara penyebabnya adalah karena perubahan iklim, pencemaran lingkungan air laut yang menyebabkan semakin tingginya tingkat keasamaan.

Demikian disampaikan Dr. James J Bell dari Victoria University of Welington dalam Acara Seminar on Marine Environment yang diselenggarakan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) pada Jumat (28/3) di Gedung Widyaloka.

2014 Facebook Prineville Data Center Local Community Action Grant Recipients

facebook780x390

We're proud to announce the 21 recipients of the Facebook Prineville Data Center's 2014 Local Community Action Grants.

These nonprofits and schools were awarded more than $105,000 for projects that put the power of technology to use for community benefit, help improve education at all levels, and to bring people together either physically or virtually.

A letter has been sent to recipients with details, including an invitation for them to attend a reception and tour at the data center on Friday, April 4, 2014.

Since 2011, the Facebook Prineville Grants Program has awarded $415,000 to Crook County nonprofits and schools.

Duh, Banyak Sarjana Enggan Jadi Wirausahawan

Ilustrasi. (Foto: Reuters).


Ilustrasi. (Foto: Reuters).


Hampir setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk membuka lapangan kerja sendiri. Ya, berwirausaha berlaku bagi siapa saja. Dengan alasan tidak mau bekerja dengan orang lain, mereka pun bisa mempunyai usaha sendiri dan mempunyai karyawan.

Alasan tersebut memang klasik sih, tapi memang lebih baik seperti itu. Pasalnya, jumlah pencari kerja di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Namun, kondisi tersebut tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja yang tersedia untuk menampung para pencari kerja.

Menurut Ahli Sumber Daya Manusia (SDM) Abdul Aziz MPSi, tidak banyak sarjana yang mau terjun ke dunia kewirausahaan. "Biasanya para lulusan itu maunya menjadi pegawai negeri," ujarnya, seperti dikutip dari laman Unnes, Jumat (21/2/2014).

Ayo Jalan-Jalan di Pusat Data Facebook

acebook780x390

Facebook akhirnya selesai membangun data center cold storage terbaru mereka yang terletak di Prineville, Oregon, AS. Jejaring sosial terbesar di dunia ini pun sudah mulai memindahkan data mereka, sebagian besar foto, ke fasilitas ini.

Yang dimaksud dengan istilah "cold storage" yang disebutkan sebelumnya adalah tempat penyimpanan data yang jarang diakses. Facebook sendiri membangun data center super besar ini untuk menyimpan data-data foto yang sangat jarang diakses penggunanya di server hemat daya.

Tidak seperti data center Facebook yang lain, data center yang ada di Prineville ini tidak selalu dalam kondisi menyala. Dikutip dari The Verge, Jumat (18/10/2013), data center yang ada di fasilitas cold storage akan berada dalam mode standby, membuatnya ideal untuk foto lama yang jarang diakses. Menurut Facebook, dari 82 persen lalu lintas data, hanya 8 persennya yang mengakses foto.

Inilah Ponsel Android Pertama Nokia

Nokia And

(Normandy, Smartphone Nokia yang diduga berbasis Android. Theverge.com)


Nokia telah mengembangkan ponsel Android sendiri. Berjuluk Normandy dan dikenal secara internal di Nokia dengan sejumlah nama lain, handset ini dirancang sebagai langkah berikutnya untuk ponsel kelas low-end dari pembuat smartphone asal Finlandia itu.


The Verge menulis, dari sumber-sumber yang mengetahui rencana perusahaan itu disebutkan bahwa Nokia telah menguji Normandy dengan varian “cabang” Android khusus yang tidak selaras dengan versi milik Google, mirip dengan apa yang dilakukan Amazon dengan lini Kindle Fire.


Thursday, March 27, 2014

Asal Usul Nama Google dan Fakta Unik Lainnya

google-id

Ada banyak cerita dan pemberitaan media yang menarik seputar Google. Namun ternyata, masih ada fakta-fakta unik yang belum diketahui oleh banyak orang tentang perusahaan tersebut. Fakta-fakta tersebut ditampilkan dalam situs tanya jawab Quora. Berikut beberapa fakta unik yang menarik.

Nama Google lahir karena "kecelakaan".

Sejarah Google dimulai dari proyek yang dikerjakan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 1996. Saat itu, kedua mahasiswa pascasarjana di Stanford University itu berkolaborasi mengembangkan mesin pencari bernama BackRub, yang dioperasikan menggunakan server di kampus mereka.

Tuesday, March 18, 2014

Guru Besar FPIK UB Berpulang

Prof. Dr. Ir. Sahri Muhammad, MS
Prof. Dr. Ir. Sahri Muhammad, MS


Kabar duka menghampiri sivitas akademika Universitas Brawijaya. Prof. Dr. Ir. Sahri Muhammad, MS telah meninggal dunia sekitar pukul 11 siang tadi (17/3). Jenazah disemayamkan di rumah duka di Perumahan Pondok Indah Estate B-11, Pandanwangi, Malang.

Sebelum Dikebumikan Jenazah disemayamkan terlebih dahulu di Gedung Rektorat UB pukul 06.30 WIB. Jenazah akan dimakamkan besok pagi (18/3) di Pemakaman Umum Samaan dan diberangkatkan dari Gedung Rektorat, Universitas Brawijaya.

Prof. Dr. Ir. Sahri Muhammad, MS lahir di Probolinggo, 23 Oktober 1943. Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya tahun 1971 ini merupakan Guru Besar di FPIK UB yang dilantik pada tahun 2005.

Beliau juga pernah menjabat sebagai Pembantu Dekan III Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Brawijaya tahun 1976-1979 dan juga pernah menjabat sebagai Dekan FPIK UB periode tahun 1992-1998.

Tuesday, March 4, 2014

6 Jurus Sukses Berbisnis ala Alumni ITS

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Ilustrasi. (Foto: Okezone)


Kesuksesan tidak datang dengan sendirinya. Butuh kerja keras dan kemauan untuk terus bangkit meski kegagalan terus menghantui. Banyak makan asam garam dalam berbisnis, alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Heri Wibowo pun berbagi pengalamannya kepada para mahasiswa.

Heri menjalani masa kuliah selama 7,5 tahun dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 2,03 ketika lulus. Keinginannya menjadi seorang pengusaha membuat Heri gigih mencoba berbagai usaha ketika menjadi mahasiswa. Saat kuliah, dia gagal berbisnis hingga 10 kali. Bahkan, Heri memiliki utang sebesar Rp750 juta saat usia 22 tahun.

Dalam Seminar Mapping Life Entrepreneurship bertajuk Tentukan Mimpimu Raih Tujuanmu tersebut, Heri menceritakan detail perjalanan bisnisnya. Dimulai sejak 1994, Heri bercerita kepada para peserta alasannya memilih jalan bisnis yang kala itu ''sepi'' dan membuatnya berjuang sendirian.