Friday, September 26, 2014

6 Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Pakai Gmail



Jaman sekarang, Email (Electronic Mail) merupakan sebuah Akun yang wajib dimiliki oleh setiap orang, pasalnya, semua akun yang berkaitan dengan kita pasti membutuhkan sebuah email. Tidak hanya itu, Email juga berfungsi sebagai pengirim pesan ke pemilik email lainnya.

Namun, ada perdebatan yang sampai sekarang masih belum juga usai, yaitu perdebatan mana yang lebih layak digunakan, antara Gmail (Google Mail) dan Ymail (Yahoo Mail). Menurut data di 10 tahun terakhir, jumlah pengguna kedua Email tersebut cenderung saling susul.

Thursday, September 18, 2014

Exotric, Si Mobil Kapur

Mahasiswa FT meneliti mobil berbahan bakar kapur
Mahasiswa FT meneliti mobil berbahan bakar kapur


Lima mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) menarik minat media sejak kemunculan mereka di Radar Malang (10/9) dengan mobil unik mereka. Keempat mahasiswa tersebut berasal dari Program Studi Teknik Kimia. Mereka adalah Dwi Chandra Pujayanti, Dobita, Afida Khofsoh, dan Rizka Dwi Octarina, serta satu mahasiswa dari jurusan Teknik Elektro, Sidiq Dharmawan.

Yang unik dari mobil ini adalah bahan bakar kapur yang tak lazim ditemui. Mereka mereaksikan kapur dengan senyawa asam untuk menimbulkan energi panas. Energi panas tersebut kemudian digunakan untuk membangkitkan energi listrik yang kemudian diubah menjadi energi kinetik untuk menggerakkan mobil. Meskipun masih prototype, mereka mengaku sangat bangga karena mobil ini adalah yang pertama di Indonesia.

Jadwal Foto KTM Mahasiswa Baru UB T.A. 2014 - 2015

Jadwal Foto KTM  Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya TA. 2014/2015


 Program Sarjana


 

Tempat Foto KTM di gedung Student Centre UB

Pukul 08.00-14.00














































Fakultas / ProgramJumlahTanggal
Teknik

Kedokteran Hewan
1147

150
23-24 Sep 2014
Hukum

Ilmu Administrasi
486

1070
25-26 Sep 2014
MIPA

Pertanian
545

1041
29-30 Sep 2014
Kedokteran

Ekonomi dan Bisnis
768

926
1-2 Okt 2014
Perikanan dan Ilmu Kelautan

Teknologi Pertanian
875

697
3&6 Okt 2014
Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Ilmu Budaya
1240

367
7-8 Okt 2014
Peternakan

Teknologi Informasi & Ilmu Komputer
679

1066
9-10 Okt 2014

Khusus tgl 10 Okt 2014 sampai pukul 10.00 wib
Persyaratan membawa:

  1. Form 3 dan foto kopinya 1 lembar

  2. Form 4

  3. Foto kopi KTP atau SIM atau Kartu Keluarga 1 lembar


Tuesday, September 16, 2014

Harus Jadi Agen Perubahan, Mahasiswa Jangan Sekadar Lulus

senior-school

Pejabat Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis berpesan kepada ribuan mahasiswa baru yang diterima mengenyam pedidikan di UI agar belajar dengan penuh tanggung jawab dalam bagian membangun bangsa. Dia mengungkap, interaksi dan kerjasama antar civitas academica merupakan salah satu budaya yang penting dalam kehidupan di Kampus UI.

Demikian disampaikan Anis dalam Upacara Wisuda Program Sarjana (S-1) di Balairung UI. Anis menambahkan, sebagai warga negara Indonesia (WNI), seluruh mahasiswa dan akademisi memiliki kewajiban bersama meningkatkan taraf dan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia serta kemanusiaan.

Jusuf Kalla: Setiap Kesulitan Adalah Kesempatan

Drs. Muhammad Jusuf Kalla

Drs. Muhammad Jusuf Kalla


Sebuah kampus  yang memiliki karakteristik  inovasi, kreatifitas, penelitian dan unit kegiatan mahasiswa, akan bermanfaat sebagai modal di masa depan. Karakteristik kampus itu sangat diperlukan dan untuk mencapainya , perlu ada dedikasi seluruh sivitas akademika  dan kelengkapan fasilitas kampus. Sementara mutu alumni, juga akan berpengaruh terhadap warna kehidupan di masyarakat. Demikian sebagaimana disampaikan Drs. Muhammad Jusuf Kalla di hadapan Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Brawijaya(UB) dalam rangka Open House Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) 2014, yang berlangsung pada Sabtu (13/9) di Lapangan Rektorat.

Jusuf kemudian menyampaikan, sebuah bangsa yang maju adalah bangsa yang selalu mempunyai beberapa syarat.  Syarat itu adalah semangat, manusia dan pemerintah yang baik.

Sunday, September 14, 2014

Thursday, September 11, 2014

Agustin Dinobatkan Sebagai Juara Kelima Mawapres Nasional 2014

Agustin Capriati
Agustin Capriati

Agustin Capriati  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya (UB) dinobatkan sebagai Juara Kelima pada Malam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) 2014 di Hotel Grand Inna Kuta, Bali, Sabtu (12/7).  Penobatan ini berdasarkan nilai akhir dari 15 Finalis yang diraih Agustin sebesar 80,75 mengalahkan Finalis dari ITS, Undip, Unpad dan UGM.

Malam Pemilihan Mawapres dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Djoko Santoso.  Djoko berpesan kepada para finalis untuk bersiap menjadi pribadi yang profesional agar siap menghadapi AFTA (ASEAN Free Trade Area) yang akan diberlakukan pada 2015.

Tuesday, September 9, 2014

PENDAFTARAN CPNS UNIVERSITAS BRAWIJAYA TAHUN 2014

PENGUMUMAN


Nomor : 4323/UN10/KP/2014


Tentang


PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL


UNIVERSITAS BRAWIJAYA


TAHUN 2014


Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 106760/A4/KP/2014 tanggal 4 September 2014, Universitas Brawijaya akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil sejumlah 84 orang dengan rincian sebagai berikut  :




      PENDAFTARAN

1.1. Waktu

Pendaftaran secara online :

- di portal nasional https://panselnas.menpan.go.id/ : tanggal 4 September s.d. 18  September 2014

- di portal kemdikbud http://cpns.kemdikbud.go.id/ : tanggal 5 September s.d. 19 September 2014

1.2. Prosedur Pendaftaran

Prosedur pendaftaran secara online dapat dilihat pada laman http://cpns.kemdikbud.go.id/

1.3.Persyaratan Umum

Persyaratan umum pendaftar dapat dilihat pada laman http://cpns.kemdikbud.go.id/

1.4. Persyaratan Khusus

Tenaga Pendidik

- Indeks Prestasi Kumulatif ≥ 3,25; terakreditasi minimal B

- Kualifikasi Pendidikan sesuai bidang ilmu yang serumpun antara ijasah S-1 dan S-2

- Memiliki nilai TOEFL – ITP (Institutional Testing Programme) ≥ 460 dan masih berlaku

Tenaga Kependidikan

- Indeks Prestasi Kumulatif ≥ 3,00; terakreditasi minimal B

1.5.Jadwal TKD dan TKB :

Jadwal pelaksanaan TKD dan TKB akan diumumkan di http://kepegawaian.ub.ac.id/.

Lampiran :

- Pengumuman Rektor Nomor : 4323/UN10/KP/2014.

Thursday, September 4, 2014

Gagal CPNS Bisa karena Hal Sepele, Apa Saja?

pengusaha-sukses


okezone.com - Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) kali ini menggunakan sistem CAT Online. Sebagai sebuah sistem baru, peluang para peserta untuk melakukan kesalahan karena merasa pun sangat tinggi.
Wakil Kepala Biro Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, sebuah kesalahan sederhana yang mungkin terjadi selama tes ialah para peserta mengklik tombol selesai sebelum benar-benar menjawab seluruh soal. Meski terdengar konyol, Bima menyebut kemungkinan tersebut bisa saja terjadi.

"Kesalahan yang harus dihindari, baru jawab satu soal sudah klik selesai ujian. Nilainya hanya lima ya tidak lulus. Sepele memang, tapi kalau tidak hati-hati bisa saja terjadi. Dan kalau sudah memilih itu tidak akan bisa diulang lagi," tutur Bima dalam Simulasi CAT Online di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (30/8/2014).

Pemberitahuan Resmi Mengenai Penipuan yang Mengatasnamakan Universitas Brawijaya

Lambang Resmi Universitas Brawijaya


Lambang Resmi Universitas Brawijaya


Dengan ini kami sampaikan kepada seluruh sivitas akademika Universitas Brawijaya dan khalayak ramai untuk berhati-hati dan tidak melakukan transaksi via internet dengan akun-akun yang mengatasnamakan Universitas Brawijaya (UB) dan menggunakan foto, lambang dan logo resmi UB.

Akun media sosial resmi milik UB hanya @UB_OFFICIAL (Twitter) dan akun Facebook: Universitas Brawijaya serta Facebook Page Universitas Brawijaya. Harap berhati-hati dalam memberikan informasi yang bersifat rahasia semisal nomor rekening pribadi, nomor telepon atau telpon selular/HP dan informasi rahasia lainnya.

Dihimbau kepada masyarakat dan khalayak umum untuk tidak menggunakan logo dan lambang resmi UB untuk kepentingan pribadi dan kepentingan yang tidak semestinya.

Universitas Brawijaya tidak bertanggungjawab atas transaksi yang telah dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan UB.

Stand Up Comedy Hibur Mahasiswa Baru di PK2MU UB

Upacara PK2MU UB


Upacara PK2MU UB 2014


Universitas Brawijaya menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Mahasiswa Universitas (PK2MU), Selasa (2/9). Kegiatan diadakan secara serentak di tiga gedung yaitu Samantha Krida, GOR Pertamina, dan Sport Center. PK2MU  di Universitas Brawijaya dimeriahkan dengan stand up comedy. Salah satu komika yang diundang oleh panitia adalah Wawan Sakti, yang merupakan alumni Universitas Brawijaya.

Selain diisi dengan hiburan, kegiatan PK2MU 2014 juga diisi dengan beberapa materi di bidang akademik, kemahasiswaan, administrasi dan keuangan, dan juga pengenalan jajaran rektorat.

Perguruan Tinggi Terbuka Untuk Pelajar SMA dan SMK

UB menerima kunjungan SMKN 1 Ngawi dan SMA Tunas Luhur Paiton


UB menerima kunjungan SMKN 1 Ngawi dan SMA Tunas Luhur Paiton


Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Ngawi belum banyak yang masuk perguruan tinggi. Guru SMKN 1 Ngawi, Daryana, menyampaikan, terinspirasi dari salah seorang siswanya yang masuk Universitas Brawijaya (UB) setelah terpilih sebagai Duta Brawijaya, pihaknya menginginkan lebih banyak lagi siswanya yang bisa masuk perguruan tinggi. Setidaknya 45 siswanya diterima masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun 2014 ini. Tiga diantara mereka diterima di UB. Jumlah ini selalu meningkat setiap tahunnya, khususnya untuk perguruan tinggi di Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti ITS, Unesa, UM, UB, dan UGM.

"Dunia perguruan tinggi sudah terbuka untuk siswa SMK dan Sekolah Menengah Atas (SMA)," kata dia. Menurutnya, SMA dan SMK adalah setara, tergantung pada kompetensi masing-masing. "Yang membedakan adalah kemampuan setiap siswanya," ia menambahkan.

PIMNAS 27: Berkreasi dan Berinovasi Dalam Kebhinekaan

http://prasetya.ub.ac.id/files/berita_ub/penyerahan_piala_5820_20140827050258.jpg

Juara Umum Pimnas tahun lalu menyerahkan Piala Adhikarta Kertawidya


Pemukulan gong dan penyerahan Piala Adhikarta Kertawidya dari ITS kepada Wakil Mentri Kemdikbud menandai dimulainya perhelatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 27 di Universitas Diponogoro (Undip), Selasa (26/8). Upacara  pembukaan yang digelar di Lapangan Widya Puraya ini dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Rektor Undip dan Pimpinan Universitas se Indonesia.

Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, M.S. selaku Wamen Kemdikbud menyampaikan agar hasil para juara PIMNAS untuk diikutkan pada kompetisi internasional agar lebih memberikan rasa percaya diri dan motivasi pada mahasiswa.

“Jadikan PIMNAS ini sebagai ajang berkompetisi dalam hal kreatifitas, ajang saling belajar dan memperluas networking,” ungkapnya.