Tuesday, January 6, 2015

Sejatinya Tahun Baru Adalah Moment yang Tepat untuk ?

Kembang Api Tahun Baru

Sejatinya tahun baru adalah merupakan ajang perenungan atas apa yang sudah kita lakukan dan perbuat selama setahun. Mengapa hal itu harus dilakukan?

Yup, hari-hari yang telah berlalu dalam setahun, bukanlah tidak musykil bila mungkin terisi dengan penuh cacat. Dan untuk menghampuskan dan membersihkan hal itu. Tak lain yang perlu dilakukan adalah adanya sebuah perenungan mendalam atas apa yang diperbuat selam setahun. Menenung atas keerhasilan dan kegagalan, dan juga kesalahan atas perbuatan. Mungkin jalan yang terbaik untuk mengintropeksi diri.

Karena adalah sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi bagi siapapun. Itu dilakukan agar pergantian tahun baru tidak diindentikkan dengan bermesum ria, pesta pora menghabisakan uang yang tak sedikit. Minimal ya mengintropeksi diri kita sendiri!

Marilah kita awali segala sesuatu apapun dengan maksuda dan niat yang ikhlas dan berbaik sangka termasuk dalam menilai dan mengoreksi orang lain. Sungguh mulia bila kita sebagai makhluk Tuhan yang patuh dan taat agama. Apalagi apabila pandai mengevaluasi dan mengintropeksikan dirinya terlebih dahulu, sebelum dan mengoreksi orang lain.

Tidak adakan manusia yang sempurna? Nah, mulai pergantian tahun baru ini tetntu kita harus lebih arif dan bijak. Baik menghadapi masalah di dalam maupun di luar. Harus tetap terjaga prilaku kita dimanapun agar selalu bijak. Asal ajangan bijaksana-bijaksini tanpa ada ketentuan jelas dan norma agama.

Courtesy : Kompasiana Muda

Share this

0 Comment to "Sejatinya Tahun Baru Adalah Moment yang Tepat untuk ?"

Post a Comment