Metro Exodus Bobol dalam 5 Hari


Metro Exodus merupakan game yang paling kontroversial di tahun 2019. Menarik game dari Steam kemudian pindah menjadi eksklusif (sementara) ke Epic Games Store menimbulkan reaksi yang sangat kontra bagi gamer PC. Sehingga banyak yang akan memboikot game ini dengan membombardir 2 game metro sebelumnya, Metro Last Light dan Metro 2033 di Steam dengan review negatif. Tidak hanya itu, banyak gamer mulai kembali melirik game illegal atau game yang di-crack alias versi bajakan.

Metro Exodus menggunakan proteksi Denuvi terbaru, yaitu Denuvo 5.6 (Far Cry New Dawn juga menggunakannya). Versi ini lebih baru dari Denuvo yang dipakai Ace Combat 7 dan RE 2 Remake. Versi terbaru pun tidak menjamin agar tidak dibobol. Bahkan Cracker CPY hanya membutuhkan 5 hari untuk membobolnya. Tentu dengan dibobolnya Metro Exodus membuat puas semua gamer yang memboikot game ini.

Akan menarik bagaimana ini berimplikasi terhadap penjualan game di EGS. Saya sendiri sangat membenci keputusan Deep Silver dan Koch Media selaku publisher yang mengambil keputusan kontroversial tersebut. 4A games selaku developer tidak bisa melakukan apa-apa. Mereka hanya bilang ini semua keputusan publisher bukan developer.

No comments