Monday, February 24, 2014

Ini Dia 9 Kriteria Penilaian SNMPTN 2014

SNMPTN 2014 tidak lagi menggunakan ujian tulis. Jalur undangan ini memiliki sembilan kriteria penilaian. (Foto: Okezone)

SNMPTN 2014 tidak lagi menggunakan ujian tulis. Jalur undangan ini memiliki sembilan kriteria penilaian. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dibuka dan berlangsung hingga 31 Maret 2014. SNMPTN 2014 merupakan modifikasi sistem seleksi mahasiswa baru jalur undangan dua tahun silam.

Lantas, bagaimana formula modifikasi itu? Berikut ini sembilan kriteria penilaian yang biasa digunakan PTN untuk menyeleksi calon maba melalui jalur SNMPTN, seperti dinukil dari laman Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Kamis (20/2/2014).

Belajar Seru di Media Sosial

Ilustrasi. (Foto: Reuters).


Ilustrasi. (Foto: Reuters).


BELAJAR bisa dari mana saja. Buat kamu yang aktif di media sosial, lewat media ini pun banyak ilmu yang bisa diambil, asal tahu gimana caranya. Ngobrol seru bareng teman-teman, reuni habis ketemu akun kawan lama, diskusi dan bertukar pikiran, update status galau, sampai stalking akun media sosial orang lain, kira-kira itulah gambaran umum penggunaan sosial media di kalangan anak muda sekarang. Bagus sih kalau dipakai untuk bersilaturahmi dan berdiskusi.

Tapi kalau terus-terusan update status setiap menit, yang kebetulan ngebaca bisa-bisa terganggu juga dengan kebiasaan kita. Stalking pun sebetulnya bisa dikategorikan pelanggaran privasi orang lain loh. Kalau ketahuan dan orangnya enggak suka, bisa berabetuh. Terus, kecanduan media sosial sampai keterusan, juga enggak baik dari segi kesehatan.

Sunday, February 23, 2014

Dikti Danai 331 PKM Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya meluluskan 331 proposal PKM untuk didanai Ditjen Dikti Kemendikbud. (Foto: UB)


Universitas Brawijaya meluluskan 331 proposal PKM untuk didanai Ditjen Dikti Kemendikbud. (Foto: UB)


JAKARTA - Tahun ini, 331 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) karya mahasiswa Universtitas Brawijaya (UB) Malang lolos seleksi. Mereka akan mendapatkan dana dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

Meski merasa senang atas hasil tersebut, Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan H R B Ainnurasjid berpesan agar masing-masing kelompok mempersiapkan diri untuk bisa masuk Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2014. Persiapan ini dilakukan mulai dari penyusunan laporan hingga proses monitoring dan evaluasi.

"Kita harus bisa memenuhi kriteria Pimnas. Harus serius menyusun laporan, persiapan monitoring dan evaluasi, serta tanya jawab. Proses monitoring dan evaluasi menentukan keberhasilan proposal untuk menuju Pimnas," kata Ainnunrasjid, seperti dinukil dari laman resmi UB Prasetya Online, Sabtu (22/2/2014).

Jangan Nomorduakan, Salah Satu Strategi Lolos SNMPTN UB

Sosialisasi SNMPTN UB di Kediri
Sosialisasi SNMPTN UB di Kediri

Kepala Bagian Akademik Universitas Brawijaya (UB) Drs. Agus Yuliawan berpesan, salah satu strategi agar lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah jangan nomorduakan UB. Dari pengalaman mengurusi SNMPTN, ia mengamati bahwa mayoritas mahasiswa yang lolos seleksi ini menjadikan UB sebagai pilihan pertamanya. "Mereka yang memilih UB sebagai pilihan pertama akan menjadi prioritas dalam seleksi daripada pilihan kedua," kata Agus. Dari pilihan pertama saja, menurutnya kompetisi sudah sangat ketat sehingga kuota 50% SNMPTN sudah bisa terpenuhi. Hanya saja pada program studi tertentu yang sepi peminat, kata Agus, pilihan kedua bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kuota.

Saturday, February 22, 2014

Pengumuman Pencairan BEASISWA PERUSAHAAN GAS NEGARA UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Diberitahukan kepada Penerima Beasiswa PGN (daftar nama klik disini) Universitas Brawijaya, dengan ini kami beritahukan Untuk Pencairan Beasiswa dapat diambil pada :

HARI                       :    MULAI HARI SELASA

TANGGAL                :    04 FEBRUARI 2014

JAM                         :    09.00 - 15.00 WIB (JAM 12.00 - 13.00 ISTIRAHAT)

TEMPAT                   :    BAGIAN KEMAHASISWAAN Lt. 3 GEDUNG REKTORAT UB

PERSYARATAN          :

- MEMBAWA FOTOKOPI KHS SEMESTER 2,3,4,5 (Angkatan 2011) DAN SEMESTER 4,5,6,7 (Angkatan 2010) YANG SUDAH DILEGALISIR.

- MEMBAWA FOTOKOPI KTM DI BUBUHI NO.HP.

- WAJIB MEMILIKI EMAIL STUDENTS.UB.AC.ID DAN BLOG STUDENT (BLOG.UB.AC.ID).

DEMIKIAN TERIMAKASIH

Tuesday, February 4, 2014

Menyongsong Pemilihan Rektor UB 2014-2018

Panitia Pilrek UB 2014 berkantor di Ruang Sidang I Gedung Rektorat lantai 6


Panitia Pilrek UB 2014 berkantor di Ruang Sidang I Gedung Rektorat lantai 6


Universitas Brawijaya (UB) tengah menyongsong Pemilihan Rektor untuk masa kepemimpinan 2014-2018. Hal ini sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan Rektor UB periode 2010-2014 pada 8 Juni 2014. Ketua Panitia Pilrek 2014-2018, Prof. Ir. Simon B. Widjanarko, M.App.Sc, PhD menyampaikan, 5 bulan sebelum berakhir masa jabatan, rangkaian proses pilrek harus dimulai. Hal ini menurutnya sesuai dengan Permendikbud Nomor 33 Tahun 2012 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor/Ketua/Direktur pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan oleh Pemerintah.

Sesuai aturan tersebut pula, di UB rangkaian pilrek meliputi 3 tahapan yakni penjaringan, penyaringan dan pemilihan. Proses penjaringan dilakukan di 15 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Fakultas dan Kantor Pusat. Sebanyak 2022 orang yang dinyatakan memiliki hak suara meliputi dosen (PNS dan non PNS); Kepala Biro, Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian di fakultas dan kantor pusat serta wakil mahasiswa yakni Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di tingkat universitas dan fakultas.