Mengenal Serigala Abu-abu, Hewan yang Kuat Tanpa Makan Selama Seminggu

By Achmad Fawzy - October 31, 2018



  • Nama umum: Serigala Abu-abu
  • Nama ilmiah: Canis lupus
  • Tipe: Mamalia
  • Diet: Karnivora
  • Nama kelompok: Pack
  • Rata-rata umur di alam liar: 6 hingga 8 tahun
  • Ukuran: Kepala dan badan, 36 hingga 63 inci; ekor, 13 hingga 20 inci
  • Berat: 40 hingga 175 lbs

Tentang Grey Wolf atau Serigala Abu-abu

Serigala adalah legenda karena suara lolongan mereka, yang biasa mereka gunakan untuk berkomunikasi. Seekor serigala melolong untuk menarik perhatian kelompoknya, sementara lolongan komunal dapat mengirim pesan teritorial dari satu kelompok ke yang lain. Beberapa lolongan bersifat konfrontatif. Mirip seperti menggonggong pada anjing domestik, serigala mungkin mulai melolong karena serigala lain sudah ada di dekatnya.

Populasi dan Konservasi

Serigala adalah anggota terbesar dari keluarga anjing. Serigala abu-abu adalah yang paling umum dan pernah ditemukan di seluruh belahan bumi utara. Tetapi serigala dan manusia memiliki sejarah permusuhan yang panjang. Meskipun mereka hampir tidak pernah menyerang manusia, serigala dianggap sebagai salah satu penjahat alam paling menakutkan di dunia binatang. Mereka menyerang binatang peliharaan, dan serigala yang tak terhitung jumlahnya telah ditembak, dijebak, dan diracuni karena kecenderungan ini.

Di 48 negara bagian, serigala abu-abu diburu hingga hampir punah, meskipun beberapa populasi selamat dan yang lainnya telah diperkenalkan kembali. Beberapa serigala abu-abu bertahan di Eropa, meskipun banyak yang tinggal di Alaska, Kanada, dan Asia.

Perilaku Pack Serigala

Serigala hidup dan berburu dalam kelompok sekitar 6 hingga 10 individu. Mereka dikenal berkeliaran dalam jarak yang cukup luas, mungkin 12 mil dalam satu hari. Hewan sosial ini bekerja sama untuk mendapatkan mangsa yang mereka sukai biasanya mamalia besar, seperti rusa, rusa elk, dan rusa moose. Ketika mereka berhasil, serigala tidak makan secukupnya. Seekor hewan dapat mengkonsumsi 20 pon daging saat makan. Serigala juga memangsa mamalia kecil, burung, ikan, kadal, ular, dan buah.

Kelompok serigala abu-abu dibangun menurut hierarki yang ketat, dengan laki-laki dominan di bagian atas dan pasangannya tidak jauh di belakang. Biasanya jantan dan betina ini adalah satu-satunya hewan dari kelompok yang berkembang biak. Anggota serigala dewasa lainnya membantu merawat pups atau anak anjing dengan membawakan mereka makanan dan mengawasi mereka sementara yang lain berburu.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments