Spesies dengan Nama Menakutkan dan Bagaimana Mereka Mendapatkannya

By Achmad Fawzy - October 31, 2018

(Apteronotidae atau dalam bahasa inggris ghost knifefish)

Kamu tau cacing? tidak menakutkan bagi kamu. Tapi kalau cacing zombie atau cacing pemakan tulang? Mungkin perlu berfikir dua kali untuk bertemu bahkan untuk memegangnya.

Cacing zombie atau cacing pemakan tulang faktanya merupakan salah satu spesies cacing laut dengan nama ilmiah Osedax mucofloris. Dan termasuk salah satu dari banyak hewan yang memiliki nama aneh dan menakutan.

Dalam kasus ini, dari nama itu cukup akurat dan deskriptif: Cacing yang terlihat seperti bunga yang bergerak ini dapat mengisap bangkai ikan paus, apa yang dimakannya itu merupakan sarapan, makan siang, dan makan malam. Hal yang sama dapat dikatakan untuk spesies seperti armadillo berbulu berteriak atau dalam bahasa inggris screaming hairy armadillo, yang akan membuatmu berteriak.

Beberapa dari mereka mendemonstrasikan penghormatan untuk mitologi. Misalnya cumi vampir dari Neraka, misalnya, diterjemahkan dari nama ilmiahnya Vampyroteuthis infernalis. Cephalopoda itu bukanlah vampir, ia tidak mengisap darah atau cumi-cumi lainnya. Sebaliknya, namanya berasal dari mata biru yang tidak biasa di laut dalam, kulit berwarna merah, dan anyaman seperti jubah di antara kedua lengannya.

Puluhan hewan lain masuk ke dalam kategori yang sama seperti gecko berekor daun setan, belalang mantis atau iblis, dan semut hantu. Masing-masing memiliki beberapa karakteristik fisik, tonjolan seperti tanduk atau kaki tembus pandang, membuatnya menjadi tempat di dunia bawah tanah (metaforis).

Tetapi jika nama-nama ini merujuk monster-monster mitologi, banyak orang akan mengalami ketakutan terhadap hewan-hewan itu sendiri. Nama Ursus arctos horribilis diberikan kepada beruang grizzly, misalnya, sebuah isyarat pada pertemuan menakutkan Meriwether Lewis dengan hewan besar di luar Barat, selama ekspedisi Lewis dan Clark. Ada juga Crotalus horridus horridus, atau “dreadful dreadful rattle” yng artinya "mainan yang mengerikan yang mengerikan", merupakan salah satu jenis ular berbisa yang begitu menakutkan sehingga mereka harus menamakannya dua kali (nama ganda tersebut memungkinkan para ilmuwan untuk membedakannya dari subspesies lainnya)..

Tidak peduli seberapa seram nama mereka, bagaimanapun, hewan-hewan ini menimbulkan sedikit ancaman bagi manusia. Kelelawar vampir terkadang menggigit manusia (walau sangat jarang terjadi). Dan juga, apa yang mereka disebut grizzly yang "mengerikan". Tetapi beruang ini, sama seperti beberapa hewan lain dalam daftar ini, sebenarnya membutuhkan perlindungan dari manusia, bukan sebaliknya. Untuk sebagian besar, nama-nama ini dipilih karena hanyalah persepsi atau imajinasi para ilmuwan, dan tentu saja juga masyarakat umum.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments